Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
2022, Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yang Digawangi Disketapang Makin Beragam
Kamis, 13-01-2022 - 14:06:28 WIB
DOK
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, OPSINEWS.COM - Kegiatan strategis yang melibatkan pemberdayaan masyarakat tetap menjadi perhatian utama Dinas Ketahanan Pangan kota Pekanbaru pada tahun 2022 ini.

Hal ini dilaksanakan dalam rangka menjaga produktifitas petani serta pelaku usaha pangan yang tergabung dalam Kelompok Tani maupun Kelompok Wanita Tani (KWT) melalui penguatan Kawasan Mandiri pangan (KAMAPAN) dan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Kawasan Mandiri Pangan yang lebih viral dikenal dengan nama KAMAPAN adalah kawasan yang dibangun dengan keterwakilan masyarakat dalam rangka meningkatkan pengelolaan kelembagaan masyarakat untuk ketahanan pangan masyarakat.

Optimalisasi kegiatan KAMAPAN diarahkan melalui penyaluran stimulus bantuan untuk aktualisasi pemanfaatan lahan pertanian secara optimal untuk pengembangan ketersediaan pangan yang beraneka ragam dan berkelanjutan pada Kawasan yang dianggap rawan pangan.

Objek penerima manfaat adalah kelompok Tani (KT). Sementara Pekarangan Pangan Lestari (P2L) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan atau lahan kosong yang tidak produktif untuk dimanfaatkan sebagai tempat bertanam sehingga program ini dapat secara berkelanjutan menyediakan sumber pangan bagi masyarakat sekaligus menjadikan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan, serta pendapatan anggota kelompok masyarakat. Objek penerima manfaat adalah kelompok Wanita Tani (KWT).

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru yang teranyar dikenal dengan sebutan Kadis Akur saat ditemui awak media di ruang kerjanya pada Rabu (12/1).

Akur menyebutkan bahwa semenjak COVID-19 menjadi momok yang membumi di Indonesia sejak Maret 2020 telah menimbulkan tantangan yang harus dihadapi oleh seluruh pemangku kepentingan, tak ayal apalagi bagi Pemerintah terutama dalam masa-masa pemulihan ekonomi, utamanya lagi dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti pangan. Disinilah posisi strategis kegiatan Pemberdayaan Masyarakat pada masa pandemic ini, tegasnya Kembali.

“Makanya kita selalu prioritaskan kegiatan yang sifatnya pemberdayaan ini, malah tahun 2022 kita memiliki program yang lebih beragam lagi," ujar Akur yang memiliki nama lengkap Alek Kurniawan, SP, M.Si.

Secara memadai ayah tiga anak ini menyebutkan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang ketahanan pangan dituangkan dalam Sub kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya lokal dengan output stimulus bantuan pertanian kepada 20 Kelompok Wanita Tani.

Indikator Penentuan stimulus, katanya lagi didasarkan pada angka stunting di kota Pekanbaru. Selanjutnya juga ada sub Kegiatan Pelaksanaan Pengadaan, Pengelolaan dan Penyaluran Cadangan Pangan pada Kerawananan Pangan dengan outputnya juga stimulus banper kepada 17 Kelompok Wanita Tani dengan indikator penentuan stimulus berdasarkan peta FSVA.

Sebagaimana diketahui Disketapang Pekanbaru juga sudah memiliki aplikasi siDIVA yang merupakan peta digital yang mampu memetakan ketahanan dan kerentanan pangan di Kota Pekanbaru.

Untuk Kegiatan Kawasan Mandiri Pangan, tambanya lagi, digawangi dalam Sub kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi Penanganan Kerawanan Pangan dengan output stimulus kepada 10 Kelompok Tani. Dan terbaru juga ada kegiatan pemberdayaan yang ditujukan kepada 6 Kelompok Kampung Pangan yang dibalut dalam Sub Kegiatan Penyediaan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal.

“Tahun 2022 kita ada yang baru, kegiatan pemberdayaan yang kami sebut dengan istilah kampung pangan. Secara keseluruhan kita akan berikan stimulus kegiatan pemberdayaan masyarakat kepada 53 kelompok”, sambungnya lagi.

Meskipun demikian, Disketapang sebutnya lagi, masih menganggarkan kegiatan strategis lainnya dalam rangka revitalisasi kelembagaan pangan melalui Outlet Pangan PUAN BERSERI dan Pekan Pangan Madani yang selanjutnya lebih dikenal dengan nama PPM. Akur Kembali menegaskan bahwa slogannya masih tetap sama yaitu “Petani Untung, Masyarakat Beruntung”. Selanjutnya Disketapang juga akan mendorong penuh terbentuknya PT. SPM menjadi BUMD Kota Pekanbaru.

Disisi lain tambahnya lagi, Kegiatan Pengadaan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) juga tetap dianggarkan yang pada prinsipnya merupakan perintah Pemerintah Pusat dalam rangka peningkatan kesiapan pangan untuk menghadapi dampak pandemic Covid-19.


Eks Kepala BPKAD Kota Pekanbaru ini melanjutkan usaha yang dioptimalkan lainnya melalui Pengawasan keamanan Pangan Segar. Pengawasan yang dilakukan dengan melakukan uji residu pestisida pangan segar asal tumbuhan menggunakan rapid test kit yang bahan (sampelnya) diperoleh dari pasar-pasar di Kota Pekanbaru.

Selain itu proyek strategis seperti siCANTIG (Lokasi Cadangan Pangan Terintegrasi) juga akan dimaksimalkan pembangunannya dengan memperhatikan ketersediaan dana pada DPA-Disketapang Pekanbaru.

Alek yang juga Ketua ISSI Pekanbaru ini juga menyatakan komitmennya dalam optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dalam layanan publik melalui Program Disketapang Berkabar, siTANGAN, siDIVA dan medsos yang senantiasa update.

“Mudah-mudahan apa yang telah direncanakan ini diredhoi dan dilancarkanNya, aminn”,  tutupnya.(Kominfo)




 
Berita Lainnya :
  • Unit II Tipidkor Satreskrim Polres Tebing Tinggi Terus Dalami Dugaan Penyelewengan Bansos Beras Di Desa Pengggalangan Sergai
  • Danrem 031/WB Hadiri Peringati HUT Kemala Bhayangkari ke-44 Polda Riau
  • Bupati Kuansing Penjarakan Warganya Sendiri, Ketua KNPI Riau Bilang ini
  • Dusun Tiga Meraih Juara Umum MTQ ke-III di Desa Rimbo Panjang
  • Rintihan Pilu Seorang Wanita di Tapanuli Selatan Luka Lebam-lebam Diduga Dianiaya Suaminya Sendiri
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Unit II Tipidkor Satreskrim Polres Tebing Tinggi Terus Dalami Dugaan Penyelewengan Bansos Beras Di Desa Pengggalangan Sergai
    02 Danrem 031/WB Hadiri Peringati HUT Kemala Bhayangkari ke-44 Polda Riau
    03 Bupati Kuansing Penjarakan Warganya Sendiri, Ketua KNPI Riau Bilang ini
    04 Dusun Tiga Meraih Juara Umum MTQ ke-III di Desa Rimbo Panjang
    05 Rintihan Pilu Seorang Wanita di Tapanuli Selatan Luka Lebam-lebam Diduga Dianiaya Suaminya Sendiri
    06 SPBU Nomor 14.286.675 Minas Jadi 'Sarang' Mobil Langsir dan Tangki Modifikasi
    07 Kapolsek AKP Tobat Sihombing Lakukan Patroli dan Monitoring Satkamling Desa Pematang Terang
    08 Kejati Riau Gelar Bazar dan Pasar Murah Ramadhan 1445 H
    09 Hari Terakhir, Polres Sergai Lakukan Operasi Keselamatan di Jalinsum Serdang Bedagai
    10 Keluarga Besar Polsek Siak Hulu Berbagi 50 Takjil Kepada Pengguna Jalan Raya Tertib Berlalu Lintas
    11 Memalukan Di duga Mirip Sekdakab Rohil Berpose Menjulurkan Lidah: Ketua KNPI Riau: Menjijikkan Pejabat Kok Seperti itu!
    12 Gercep Komisi Kejaksaan Respon Pengaduan
    13 Luar Biasa Tim Unit Intel Kodim 0301 PBR Gagalkan Peredaran Narkoba
    14 Sekdako Sampaikan Jawaban Pemerintah Terhadap Pandangan Umum Fraksi Terkait LKPJ 2023
    15 Kasus Persengketaan Lahan Syamsul Bahri Mengendap di Polda Riau Ada Apa?
    16 Bupati Rohil Sudah Melaporkan ke Tim Siber Polda Riau
    17 Polisi Yordania bentrok dengan pengunjuk rasa di dekat kedutaan Israel
    18 Marak Pelaku Usaha Ilegal BBM Solar Bersubsidi di Cikarang Barat
    19 TAUSIAH QOBLA DZUHUR YANG DISAMPAIKAN UST. DR. ZULKARNAIN UMAR, MSI
    20 Kadis DLHK Pekanbaru Tidak Pernah Menugaskan Yayasan Mengutip Uang Kebersihan di Pasar Panam
    21 Dit Intelkam Polda Riau Bersinergi Dengan KPU Rohil Untuk Pastikan Pelaksanaan Pentahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 Berjalan Dengan Aman Dan Kondusif
    22 Wabup Rohil Dampingi Safari Ramadhan Sekdaprov Riau di Masjid Al-Khairiyah Bagansiapiapi
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik