Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Kulit hingga Pencernaan
Kamis, 23-12-2021 - 11:53:10 WIB
Ilustrasi
TERKAIT:
   
 

OPSINEWS.COM - Manfaat kelapa muda sangat baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh. Rasa daging kelapa muda yang enak dan airnya yang menyegarkan membuat banyak orang menggemarinya. Minum air kelapa muda saat cuaca panas akan benar-benar terasa menyegarkan.      

Kamu tentunya sering melihat kelapa muda dijajakan di pantai yang cuacanya panas. Selain itu, kelapa muda yang biasanya berwarna hijau ini juga sangat cocok dikonsumsi saat sedang beraktivitas berat dan banyak berkeringat.

Manfaat air kelapa muda didapatkan dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Kandungan gizi ini mulai dari Vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan lain-lain. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsinya secara teratur, asal jangan berlebihan.

Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Berat Badan

Manfaat kelapa muda yang pertama adalah sangat baik untuk diet. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa muda sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping. Jadi, lebih baik mengonsumsi air kelapa muda dari pada harus membeli obat-obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal.

Mengatasi Keluhan Pencernaan

Manfaat kelapa muda juga dapat mengatasi berbagai keluhan pencernaan. Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal. Air kelapa mengandung enzim bioaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

Manfaat kelapa muda juga berguna saat kamu terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kelapa muda selanjutnya adalah untuk kecantikan, yaitu membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia. Jika kamu ingin awet muda, minum air kelapa bisa menjadi salah satu caranya.

Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

Mencegah Dehidrasi

Air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kamu. Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangatlah tinggi. Dengan elektrolit yang tinggi tersebut, manfaat kelapa muda dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa muda juga sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kelapa muda juga dipengaruhi oleh kandungan vitamin dan mikronutrien, seperti zink, tembaga, mangan, dan selenium. Sejumlah senyawa tersebut dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, sehingga penyakit infeksi tidak mudah terjadi.

Menangkal Radikal Bebas

Air kelapa muda kaya akan senyawa fenolik, yang merupakan senyawa antioksidan untuk menangkal dampak buruk radikal bebas. Senyawa tersebut juga diketahui dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel tubuh.

Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

Meningkatkan Stamina

Manfaat kelapa muda salah satunya adalah dapat meningkatkan stamina. Hal ini disebabkan karena kelapa muda memiliki kandungan karbohidrat di dalam air kelapa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi. Mengonsumsi kelapa muda tentunya bisa membuat kamu lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kelapa muda berikutnya adalah dapat membantu memperbaiki proses metabolisme di dalam tubuh. Ini membuatnya mampu menurunkan risiko sejumlah penyakit metabolik, seperti penyakit jantung. Penyakit metabolik ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, kolesterol baik (HDL) rendah, dan lemak perut berlebih.

Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal menjelaskan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin.

Hasilnya menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

Menetralisir Racun di dalam Tubuh

Manfaat kelapa muda selanjutnya adalah dapat menetralisir racun di dalam tubuh. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa muda sangatlah tinggi. Air kelapa muda juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

Menghidrasi Kulit

Jika kamu sering mengalami kulit terasa kering, ada kemungkinan bahwa kulit tubuh kamu kekurangan cairan yang bisa melembapkan permukaannya. Manfaat kelapa muda dapat menjadi solusi yang tepat. Selain minum banyak air putih, kamu pun bisa mengonsumsi air kelapa karena mengandung vitamin C yang bisa menyehatkan kondisi kulit.

Agar hasilnya optimal, gunakan tabir surya dan hindari paparan langsung sinar matahari. Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap setelah mandi. Dilakukan setelah mandi karena kulit yang lembap karena terkena air akan mengunci krim pelembap lebih lama ketimbang dipakai saat kondisi kulit benar-benar kering.

Melindungi dan Menjaga Elastisitas Kulit

Manfaat kelapa muda untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan selanjutnya adalah mendapatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung banyak vitamin C. Sementara itu, tubuh juga membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk memproduksi kolagen dan antioksidan agar bisa menangkal radikal bebas.

Maka, dengan minum air kelapa setidaknya satu gelas dalam sehari, bisa memenuhi 40 persen kebutuhan vitamin C harian kamu. Air kelapa juga bisa kamu jadikan alternatif untuk mencukupi tubuh dengan vitamin C, terutama apabila kamu tidak suka dengan rasa asam yang biasanya ditimbulkan pada buah yang mengandung vitamin C. 




 
Berita Lainnya :
  • Disinyalir Gudang Minyak Ilegal Terbakar Di Kota Jambi Jalan Umum Macet
  • Ada Apa di Gudang Yang Berkedok Toko Aktivitasnya Selalu Tersembunyi
  • Bebas Bersyarat Wilson Lalengke Siap Meneruskan Perjuangan
  • Anggota DPRD Kampar, Anotona Nazara Reses di SDN,016 Tanah Merah
  • Guru SMKN 2 Kota Jambi di Duga Lakukan Pungli
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Disinyalir Gudang Minyak Ilegal Terbakar Di Kota Jambi Jalan Umum Macet
    02 Ada Apa di Gudang Yang Berkedok Toko Aktivitasnya Selalu Tersembunyi
    03 Bebas Bersyarat Wilson Lalengke Siap Meneruskan Perjuangan
    04 Anggota DPRD Kampar, Anotona Nazara Reses di SDN,016 Tanah Merah
    05 Guru SMKN 2 Kota Jambi di Duga Lakukan Pungli
    06 Gudang Yang Berkedok Toko, Diduga Untuk Menghindari Pajak
    07 Kades Tarai Bangun Akui Kerap Terima Laporan Dugaan Pungli SDN 021 Tambang
    08 Danrem 042/Gapu Berpesan Penting Saat Pimpin Apel Gabungan Olahraga Bersama
    09 Jokowi ke Petani: Rawat Kelapa Genjah, Nanti Saya Cek Lagi
    10 Delegasi Pekanbaru Ikuti Pawai Budaya Rakernas Apeksi 2022 di Padang
    11 Pj Walikota Hadiri HUT SMAN 1 Pekanbaru ke-67
    12 JPU Sebut M Kece Selalu Ingat Seumur Hidup Wajahnya Dilumuri Kotoran oleh Napoleon
    13 Kemenkumham Riau Bakal Tambah CCTV dan Kawat di Lapas Pekanbaru
    14 Pemprov Riau sudah Salurkan Bansos 85 Panti Asuhan Sebesar Rp24 Miliar
    15 Kapolres Kampar Berikan Penghargaan Kepada 30 Anggota Berprestasi dan Berdedikasi Tinggi
    16 Diduga banyak pungutan Kepsek SD 021 Disinyalir Memperkaya Diri Dispora kampar Tutup Mata.
    17 Kuasa Hukum : STOP Pembangunan Pagar dan Hormati Proses Hukum
    18 Kapolres Kampar Serta Rombongan Kunjungi Korban Pencabulan
    19 Massa Kawal KIB Ricuh, Airlangga dan Zulhas Terhimpit Sampai Sulit Masuk KPU
    20 Namanya Terseret di Kasus Brigadir J, Fahmi Alamsyah Mundur dari Penasihat Kapolri
    21 Pemerintah Kabupaten Pelalawan Laksanakan Apel HUT Provinsi Riau
    22 BKSAP Desak DK PBB Bentuk Pasukan Perdamaian untuk Palestina
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik