Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Ciri-Ciri Batu Ginjal yang Harus Diwaspadai, Ketahui Penyebab dan Pengobatannya
Rabu, 03-11-2021 - 09:16:37 WIB
Ilustrasi
TERKAIT:
   
 

JAKARTA, OPSINEWS.COM - Ciri-ciri batu ginjal yang sering dialami yaitu rasa nyeri saat berkemih. Penyakit batu ginjal adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter (saluran kemih membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih), kandung kemih, serta uretra (saluran kemih yang membawa urine ke luar tubuh).

Batu ginjal terbentuk dari limbah dalam darah yang membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja baik perempuan maupun laki-laki. Ukuran batu ginjal juga dapat berbeda-beda, serta ciri-ciri batu ginjal yang dialami penderita juga beragam. Untuk itu, perlu mengenali ciri-ciri batu ginjal agar kondisi tersebut dapat ditangani lebih awal.     

penyebab penyakit batu ginjal bisa beragam. Antara lain pola makan tinggi protein, gula, dan garam. Selain itu, batu ginjal juga bisa disebabkan faktor keturunan, obesitas, kurang minum, sampai konsumsi vitamin dan suplemen dosis tinggi secara berlebihan

Berikut ini penjelasan mengenai ciri-ciri batu ginjal beserta penyebab dan cara mengobatinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (3/11/2021)

Ciri-Ciri Batu Ginjal

Ciri Sakit Pinggang yang Disebabkan Batu Ginjal

Berikut ini beberapa ciri-ciri batu ginjal yang perlu Anda waspadai, yaitu:

1. Nyeri hebat di punggung serta perut

Nyeri batu ginjal juga dikenal sebagai kolik ginjal adalah salah satu jenis nyeri paling parah. Beberapa orang yang pernah mengalami batu ginjal membandingkan rasa sakitnya dengan melahirkan atau ditusuk dengan pisau. Biasanya rasa sakit dimulai ketika batu bergerak ke ureter yang sempit. Hal ini menyebabkan penyumbatan, yang membuat tekanan menumpuk di ginjal. Tekanan mengaktifkan serabut saraf yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

2. Sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil

Setelah batu mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih, Anda akan mulai merasakan sakit saat buang air kecil. Dokter biasa menyebut kondisi ini disuria. Rasa sakitnya bisa terasa tajam atau seperti sensasi terbakar. Jika tidak tahu bahwa Anda memiliki batu ginjal, Anda mungkin salah mengartikannya sebagai infeksi saluran kemih. Terkadang, kondisi batu ginjal bisa terjadi bersamaan dengan infeksi tersebut.

3. Sering ke kamar mandi

Perlu pergi ke kamar mandi lebih mendesak atau lebih sering dari biasanya adalah ciri-ciri batu ginjal yang lain. Ini menandakan bahwa batu telah pindah ke bagian bawah saluran kemih Anda. Anda mungkin akan menemukan diri Anda sering atau butuh ke kamar mandi terus-menerus sepanjang hari dan malam.

4. Darah dalam urin

Darah dalam urin adalah ciri-ciri batu ginjal yang umum. Gejala ini juga biasa disebut dengan hematuria. Darah bisa berwarna merah, merah muda, atau coklat. Terkadang sel darah terlalu kecil untuk dilihat tanpa mikroskop (disebut hematuria mikroskopis), tetapi dokter biasanya dapat menguji gejala ini.

5. Urin keruh atau bau

Urin yang sehat jernih dan tidak berbau menyengat. Urin yang keruh atau berbau busuk bisa menjadi tanda adanya infeksi pada ginjal atau bagian lain dari saluran kemih Anda. Keruhnya urin menjadi tanda bahwa terdapat nanah dalam urin, atau piuria. Sementara, bau bisa berasal dari bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Bau juga bisa berasal dari urin yang lebih pekat dari biasanya.

6. Buang air kecil sedikit demi sedikit

Batu ginjal yang besar terkadang tersangkut di ureter. Penyumbatan ini dapat memperlambat atau menghentikan aliran urin. Jika Anda memiliki penyumbatan, Anda mungkin hanya buang air kecil sedikit setiap kali Anda pergi. Aliran urin yang berhenti sepenuhnya adalah keadaan darurat medis.

7. Mual dan muntah

Ciri-ciri batu ginjal yang lainnya yaitu mengalami mual dan muntah. Gejala ini terjadi karena koneksi saraf bersama antara ginjal dan saluran GI (pencernaan). Batu di ginjal dapat memicu saraf di saluran pencernaan, memicu sakit perut. Mual dan muntah juga bisa menjadi cara tubuh Anda merespons rasa sakit yang hebat.

8. Demam dan menggigil

Demam dan kedinginan adalah ciri-ciri batu ginjal. Ini bisa menjadi komplikasi serius pada batu ginjal. Ini juga bisa menjadi pertanda masalah serius lainnya selain batu ginjal. Setiap demam dengan rasa sakit memerlukan perhatian medis yang darurat. Demam yang terjadi dengan infeksi biasanya tinggi hingga 38˚C atau lebih. Menggigil sering terjadi bersamaan dengan demam.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Setelah mengenali ciri-ciri batu ginjal, penting bagi Anda mengetahui penyebab terjadinya penyakit batu ginjal. Berikut ini penyebab penyakit batu ginjal, yaitu:

  •     Kurang minum air putih.
  •      
  •     Konsumsi garam berlebih.
  •      
  •     Terlalu banyak protein hewani.
  •      
  •     Konsumsi oksalat yang tinggi.
  •      
  •     Berat badan berlebih atau obesitas.
  •      
  •     Masalah pada organ pencernaan.
  •      
  •     Konsumsi obat-obatan tertentu.


Kondisi medis tertentu, seperti hiperparatiroidisme atau infeksi saluran kemih.

Jenis Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal

Berdasarkan jenisnya, batu ginjal dapat terbagi menjadi 4 bagian. Berikut penjelasannya:

1. Batu Kalsium

Batu ginjal yang terbentuk akibat tingginya kadar kalsium di dalam darah merupakan jenis batu ginjal yang paling sering terjadi. Selain diproduksi secara alami oleh hati, kalsium juga bisa didapat dari asupan makanan, seperti sayur, buah, kacang, atau cokelat. Selain terkait dengan pola makan yang sarat kandungan kalsium oksalat, kadar vitamin D yang terlalu tinggi serta efek samping operasi juga dapat memicu terbentuknya batu kalsium. Selain itu konsumsi obat migrain atau obat antikejang juga berkaitan dengan pembentukan batu kalsium.

2. Batu Asam Urat

Batu ini terbentuk akibat tingginya kadar asam urat di dalam darah, yang disebabkan oleh makanan yang mengandung tinggi purin, kurang asupan cairan, serta riwayat penyakit asam urat.

3. Batu Struvit

Batu ini merupakan jenis batu ginjal yang dapat terbentuk dan membesar secara cepat, dan penyebabnya adalah infeksi yang berlangsung lama, seperti infeksi saluran kemih. Jenis batu stuvit lebih sering ditemukan pada wanita dibandingkan laki-laki.

4. Batu Sistin  

Batu ginjal ini termasuk jenis yang paling jarang terjadi, dan penyebabnya adalah sistinuria. Penyakit keturunan ini membuat ginjal mengeluarkan terlalu banyak asam amino.

Scroll down untuk melanjutkan membaca
Cara Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Pengobatan batu ginjal atau kencing batu akan disesuaikan dengan kondisi pasien. Pengobatan itu dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya:

  • Pemberian obat-obatan.
  • Prosedur untuk memecah batu ginjal (ureteroskopi).
  • Bedah terbuka.


Prosedur lain, seperti extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) atau percutaneous nephrolithotomy.


Pencegahan Penyakit Batu Ginjal

Untuk mencegah batu ginjal dapat dilakukan dengan meminum air putih setiap hari. Selain itu, disarankan untuk membatasi diri mengonsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal, seperti zat oksalat, suplemen kalsium, dan protein hewani. Namun, bagi yang sudah pernah mengalami batu ginjal, selain minum air dalam jumlah cukup, dokter juga akan meresepkan obat. Gunanya untuk mencegah batu ginjal kambuh.

sumber:liputan6.com




 
Berita Lainnya :
  • Heboh Mafia BBM Subsidi Jenis Solar Ancam Wartawan Hingga Acungkan Parang
  • Kunjungan Waka Polda Sumut Dalam Rangka Safari Ramadhan dan Berbuka Puasa Bersama di Sambut Kapolres Sergai
  • Polsek Siak Hulu Laksanakan Monitoring dan Pengamanan Ibadah Jumat Agung dan Perayaan Paskah
  • Galian Pasir Diduga Tidak Memiliki Izin Operasi Produksi, Bebas Beraktivitas di Desa Manggis Sergai
  • Kerok Residivis Pemilik Sabu 1,32 gram dan Uang Tunai Rp.160 ribu Hasil Penjualan, Berhasil Diringkus Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Sergai
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Heboh Mafia BBM Subsidi Jenis Solar Ancam Wartawan Hingga Acungkan Parang
    02 Kunjungan Waka Polda Sumut Dalam Rangka Safari Ramadhan dan Berbuka Puasa Bersama di Sambut Kapolres Sergai
    03 Polsek Siak Hulu Laksanakan Monitoring dan Pengamanan Ibadah Jumat Agung dan Perayaan Paskah
    04 Galian Pasir Diduga Tidak Memiliki Izin Operasi Produksi, Bebas Beraktivitas di Desa Manggis Sergai
    05 Kerok Residivis Pemilik Sabu 1,32 gram dan Uang Tunai Rp.160 ribu Hasil Penjualan, Berhasil Diringkus Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Sergai
    06 Unit II Tipidkor Satreskrim Polres Tebing Tinggi Terus Dalami Dugaan Penyelewengan Bansos Beras Di Desa Pengggalangan Sergai
    07 Danrem 031/WB Hadiri Peringati HUT Kemala Bhayangkari ke-44 Polda Riau
    08 Bupati Kuansing Penjarakan Warganya Sendiri, Ketua KNPI Riau Bilang ini
    09 Dusun Tiga Meraih Juara Umum MTQ ke-III di Desa Rimbo Panjang
    10 Rintihan Pilu Seorang Wanita di Tapanuli Selatan Luka Lebam-lebam Diduga Dianiaya Suaminya Sendiri
    11 SPBU Nomor 14.286.675 Minas Jadi 'Sarang' Mobil Langsir dan Tangki Modifikasi
    12 Kapolsek AKP Tobat Sihombing Lakukan Patroli dan Monitoring Satkamling Desa Pematang Terang
    13 Kejati Riau Gelar Bazar dan Pasar Murah Ramadhan 1445 H
    14 Hari Terakhir, Polres Sergai Lakukan Operasi Keselamatan di Jalinsum Serdang Bedagai
    15 Keluarga Besar Polsek Siak Hulu Berbagi 50 Takjil Kepada Pengguna Jalan Raya Tertib Berlalu Lintas
    16 Memalukan Di duga Mirip Sekdakab Rohil Berpose Menjulurkan Lidah: Ketua KNPI Riau: Menjijikkan Pejabat Kok Seperti itu!
    17 Gercep Komisi Kejaksaan Respon Pengaduan
    18 Luar Biasa Tim Unit Intel Kodim 0301 PBR Gagalkan Peredaran Narkoba
    19 Sekdako Sampaikan Jawaban Pemerintah Terhadap Pandangan Umum Fraksi Terkait LKPJ 2023
    20 Kasus Persengketaan Lahan Syamsul Bahri Mengendap di Polda Riau Ada Apa?
    21 Bupati Rohil Sudah Melaporkan ke Tim Siber Polda Riau
    22 Polisi Yordania bentrok dengan pengunjuk rasa di dekat kedutaan Israel
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik