Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Cara Mengatasi Kanker Prostat pada Pria
Rabu, 01-09-2021 - 13:23:36 WIB
Ilustrasi Kanker Prostat
TERKAIT:
   
 

OPSINEWS.COM - Kanker adalah salah satu jenis penyakit paling mematikan di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Sehingga, hal ini dapat memicu terjadinya kerusakan sel normal di bagian tubuh lainnya.

Salah satu jenis kanker yang paling banyak dialami oleh masyarakat ialah kanker prostat. Menurut data Globocan, pada 2018 terjadi sebanyak 348.809 kasus baru kanker, di mana 11.361 di antaranya merupakan penderita kanker prostat. Di Indonesia, angka kematian akibat kanker prostat mencapai 5.007 jiwa.

Melansir dari Healthline, kanker prostat merupakan jenis kanker yang berkembang di dalam kelenjar dan biasa dialami oleh pria. Sebagian besar penderita penyakit ini berusia di atas 65 tahun. Meski begitu, penyakit prostat juga bisa dialami pada usia muda.

Lantas, apa saja penyebab kanker prostat pada pria dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya yang dilansir dari Healthline:

Mengenal Kanker Prostat

Kanker prostat menjadi salah satu kanker yang paling sering dialami oleh kalangan pria dewasa. Kondisi ini bisa terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan berkembang di luar kendali.

Prostat merupakan kelenjar kecil yang terletak di bagian dasar kandung kemih. Kelenjar ini menjadi bagian dari sistem reproduksi dan posisinya mengelilingi saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis. Selain itu, prostat juga berfungsi sebagai penghasil semen, yakni jenis cairan yang dikeluarkan bersama sperma ketika ejakulasi.

Sel kanker ini dapat bermetasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama pada bagian tulang dan kelenjar getah bening. Kondisi ini dapat menyebabkan penderita mengalami nyeri yang hebat.

Gejala Kanker Prostat pada Pria

Hingga saat ini gejala kanker prostat belum diketahui secara pasti. Hal ini karena kanker prostat tidak menimbulkan gejala pada tahap awal. Namun, sebagian besar penderita akan mengalami beberapa gejala seperti berikut:

• Darah dalam urine atau air mani.

• Lebih sering buang air kecil, terutama saat malam hari.

• Nyeri atau panas pada penis saat buang air kecil atau ejakulasi.

• Merasa kandung kemih selalu penuh.

• Tekanan saat mengeluarkan urine berkurang.

• Sulit untuk menahan buang air kecil.
Penyebab Kanker Prostat pada Pria

Penyebab prostat pada usia muda yang paling utama ialah terjadinya mutasi atau perubahan genetik pada sel-sel di kelenjar prostat. Selain itu, ada beberapa faktor penyebab prostat pada usia muda lainnya, di antaranya sebagai berikut:

1. Penyebab prostat pada pria yang pertama adalah memiliki keluarga yang menderita kanker prostat.

2. Pola makan kurang serat.

3. Terkena paparan bahan kimia.

4. Menderita Obesitas.

5. Pertambahan usia.

6. Menderita penyakit menular seksual.

7. Kebiasaan merokok.

Salah satu penyebab prostat pada usia muda ialah karena faktor makanan. Mengonsumsi makanan yang tinggi kalisum diduga juga dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Oleh karena itu, para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sayur dan buah-buahan.

Berikut beberapa makanan yang dipercaya efektif untuk mencegah kanker prostat di antaranya:

Kecambah

Kecambah atau yang biasa disebut taoge merupakan salah satu jenis tumbuhan yang populer di Indonesia. Tumbuhan ini seringkali dikonsumsi masyarakat untuk dijadikan berbagai macam olahan menu masakan, seperti lalapan, tumis, hingga pecel. Selain itu, kecambah juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Proses pertumbuhan biji menjadi kecambah (sprouting) merupakan salah satu proses memecah bentuk biji-bijian. Kecambah juga menjadi salah satu makanan dengan nutrisi tinggi yang mudah dicerna. Sehingga kecambah sering dimanfaatkan menjadi aneka olahan makanan.

Kecambah diketahui mengandung turunan asam lemak yaitu senyawa acetogenins. Kandungan ini sebagai antioksidan yang dapat berfungsi mencegah pertumbuhan sel-sel kanker prostat.

Daun Kelor

Mengonsumsi daun kelor juga di percaya mampu mencegah kanker prostat. Sebab, daun kelor mengandung protein, vitamin C hingga zat besi yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan sel.

Sehingga daun kelor dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti jantung. Mengonsumsi daun kelor secara rutin dan teratur sangat efektif menurunkan risiko penyakit kanker prostat.

Buah Apel

Salah satu cara mencegah kanker prostat berikutnya ialah mengonsumsi buah apel. Hal ini karena apel memiliki kandungan senyawa antosianin yang memiliki sifat anti kanker. Sehingga, mengonsumsi buah apel secara rutin berperan penting untuk mencegah terjadinya kanker prostat.

Beberapa penelitian yang dilakukan dengan hewan menunjukkan bahwa fitonutrien dapat membantu melindungi tubuh dari kanker prostat. Manfaat ini bisa didapatkan apabila seseorang mengonsumsi satu buah apel atau lebih dalam sehari.

Buah Delima

Delima merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Buah yang memiliki warna merah dan rasanya manis ini ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan di dalamnya dipercaya mampu mengatasi penyakit kanker.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah delima mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, mengonsumsi buah delima secara rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang meminum 8 ons jus delima dapat meningkatkan penggandaan Prostat Spesifik Antigen (PSA) dari 15 bulan menjadi 54 bulan.

Air Tebu

Air tebu mengandung protein, vitamin C hingga zat besi yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan sel. Sehingga air tebu dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti jantung. Mengonsumsi air tebu secara rutin dan teratur sangat efektif menurunkan risiko penyakit kanker prostat.
Cara Mencegah Kanker Prostat pada Pria




 
Berita Lainnya :
  • Gedung SDN 08 Seperti Kandang Hewan, Rion Ajukan Permohonan Informasi Ke PPID Utama Pemko Bukittinggi
  • WAKAJATI RIAU HADIRI UPACARA PERINGATAN HARI OTONOMI DAERAH XXVIII TAHUN 2024
  • Tim Mata Elang Polres Kuansing Ungkap Kasus Pengedar Narkotika Shabu: Tersangka Ditangkap di Desa Geringging Jaya
  • 20 Butir Diduga Narkoba Jenis Ekstasi Dengan Berat Brutto 5,63 Gram Berhasil Diamankan Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Sergai Dari Tangan Pelaku
  • Penjabat Walikota Tebing Tinggi Sampaikan Nota Pengantar LKPJ TA 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Gedung SDN 08 Seperti Kandang Hewan, Rion Ajukan Permohonan Informasi Ke PPID Utama Pemko Bukittinggi
    02 WAKAJATI RIAU HADIRI UPACARA PERINGATAN HARI OTONOMI DAERAH XXVIII TAHUN 2024
    03 Tim Mata Elang Polres Kuansing Ungkap Kasus Pengedar Narkotika Shabu: Tersangka Ditangkap di Desa Geringging Jaya
    04 20 Butir Diduga Narkoba Jenis Ekstasi Dengan Berat Brutto 5,63 Gram Berhasil Diamankan Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Sergai Dari Tangan Pelaku
    05 Penjabat Walikota Tebing Tinggi Sampaikan Nota Pengantar LKPJ TA 2023
    06 Formapera Soroti Praktik Transaksional Di Balik Penunjukan Pj Kepala Daerah Se-Indonesia
    07 Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis melalui Program Geographical Indication Goes to Marketplace
    08
    09 KAJATI RIAU TERIMA KUNJUNGAN SESPIM LEMDIKLAT POLRI
    10 Kejati DKI Jakarta Lakukan Penahanan Terhadap Tersangka Dugaan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengelolaan Dana Pensiun Bukit Asam Tahun 2013 s/d 2018
    11 Barita Simanjuntak di era JA Burhanuddin Kejaksaan Berhasil Menjaga Lembaga Penegak Hukum Paling dipercaya Public
    12 Dalam Rangka Memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke-60, Lapas Narkotika Rumbai Sukses gelar Kegiatan Pemasyarakatan Sehat
    13 Presiden Joko Widodo Bersama Rombongan Bertolak ke Gorontalo
    14 Asisten Pengawasan Kejaksaan Tinggi Riau Penerima Apel Kerja Pagi
    15 Halal Bihalal LSM BIDIKRI, Meningkatkan Uhkuah Organisasi dan Persatuan diMomen 1 Syawal 1445 H
    16 Tim Satgas SIRI Berhasil Mengamankan Buronan (DPO) Selama 7 Tahun Perkara Perpajakan Atas Nama Terpidana CHRISTIAN TJONG
    17 Polres Sergai Laksanakan Giat Verifikasi Penerimaan Calon Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama Polri TA 2024
    18 Program Adhyaksa Awards, Barita Simanjuntak: Jaksa Berprestasi Harus Diberikan Kesempatan
    19 Polsek Tapung Hulu Mengamankan Pelaku Pencabulan Yang Sudah Memiliki Istri
    20 Polsek Tapung Hulu Tingkatkan Kasus Dugaan Pengancaman Wartawan dari Penyelidikan ke Penyidikan
    21 DPD GRANAT Minta Kapolda Riau Memecat Bripda YI dari Personil Kepolisian
    22 Penguatan Posisi Jaksa/Pegawai Kejaksaan Sebagai Agen Intelijen Penegakan Hukum di Instansi dan di luar Instansi Pemerintah
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik