Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Berkunjung ke Sergai, Banyak Potensi Wisata yang Indah dan Menarik
Selasa, 02-07-2024 - 10:07:00 WIB
TERKAIT:
   
 

Serdang Bedagai, Sumut . opsinews.com-Beragam jenis pariwisata yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Tanah Bertuah Negeri Beradat ini. Selain punya wisata pantai, sungai dan potensi alam lainnya, Serdang Bedagai juga punya wisata religi seperti di miniatur Ka’bah di komplek Masjid Agung Sergai. Kabupaten Serdang Bedagai dinilai memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Salah satunya potensi pariwisata yang bisa dinikmati oleh pengunjung baik dari dalam maupun luar Kabupaten Serdang Bedagai.

Sebut saja di Kecamatan Tanjung Beringin terdapat Pulau Berhala yang merupakan salah satu pulau terluar menawarkan beragam panorama yang sangat indah dan menakjubkan.
Kemudian Kecamatan Pegajahan.

Di sana kita bisa menikmati keindahan seperti alam pulau dewata yang disebut dengan Pura Bali. Ada juga Kebun Binatang Rahmat Zoo. Tak kalah juga dengan wisata lainnya yang sudah diakui secara nasional adalah arung jeram di Desa Wisata Buluh Duri Kecamatan Sipispis. Menyabet penghargaan dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada tahun 2022 lalu.  Sebanyak 2 kategori yakni menjadi juara Desa Wisata Terfavorit serta runner-up Desa Wisata kategori Digital dan Kreatif. Di Sei Bahbolon ini, wisatawan yang siap menguji adrenalin dengan berarung jeram.



Lokasi wisatanya ini disebut Ancol Arung Jeram yang dilengkapi dengan pemandian alam batu nongol. Ada juga arung jeram yang letaknya di Sipispis, yang sangat cocok untuk para pemula atau yang baru untuk pertama kalinya mencoba sensasi olahraga ini.
Bagi para pecinta alam yang suka dengan tantangan dan menguji keberanian ini adalah salah satu yang bisa kita kunjungi.

Di Desa Kuala Bali Kecamatan Serbajadi terdapat wisata “Kuala Bali Farm”. Wisata ini biasa juga dijuluki dengan nama agrowisata bernuansa alam yang baru diresmikan oleh Bupati Darma Wijaya pada bulan Oktober 2022 lalu.



Agrowisata ini menyediakan berbagai macam buah-buahan populer seperti berbagai jenis durian, alpukat, manggis, kelapa pandan wangi, rambutan, jambu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak hanya berbagai macam buah-buahan, berbagai wahana permainan juga tersedia seperti bermain ATV, berenang bareng keluarga, serta naik odong-odong keliling agro melihat berbagai macam buah-buahan. karaoke, belajar berternak ikan gurame, serta menikmati kuliner nusantara  yang tersedia di Resto Kwala Bali Farm. Bisa dibayangkan, pastinya seru sekali.
Beralih ke Kecamatan Dolok Merawan terdapat satu tempat wisata bernama “Air Terjun Sampuran Widuri”. Lokasi ini berada di Dusun III, Desa Dolok Merawan, Kecamatan Dolok Merawan.

Meskipun namanya tak setenar air terjun lainnya di Sumatera Utara, seperti yang ada di Kabupaten Karo dan Asahan,  namun air terjun Sampuran Widuri ini perlahan menjadi destinasi pilihan wisata masyarakat yang bisa dinikmati oleh masyarakat khususnya sensasi  ketenangan dalam gemuruh suara air.  
Sedangkan untuk wisata kuliner tidak usah diragukan lagi. Serdang Bedagai punya beragam kuliner yang dapat dinikmati di berbagai suasana. Untuk jajanan seperti dodol dan lainnya bisa didapatklan di Desa Pasar Bengkel Kecamatan Perbaungan.

Lokasi ini merupakan sentra kerajinan makanan maupun kerajinan produk-produk dari bahan alam. Di Desa Pasar Bengkel ini lah oleh-oleh khas Sergai berupa dodol bisa didapatkan dengan berbagai varian rasa. Tak hanya dodol, beragam cemilan seperti keripik maupun kerupuk bisa dibeli. Selain itu, tersedia juga beragam hasil kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh.  
Seperti kita ketahui Pasar Bengkel tersohor dengan produk dodol UMKM asli Sergai. Tak hanya dodol, ada juga kuliner lainnya yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh, seperti ceker ayam, keripik ubi, pisang, dan sebagainya.



Untuk wisata pantai Kabupaten Serdang Bedagai banyak menyuguhkan lokasi pantai yang indah alamnya. Kabupaten Serdang Bedagai juga menjadikan pantai sebagai destinasi wisata favorit dan ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik dari dalam daerah maupun dari luar. Tak hanya ramai pada hari libur nasional saja, pada hari-hari biasa pantai-pantai ini juga kerap menjadi tujuan para wisatawan.

Adapun beragam wisata pantai yang dimiliki Kabupaten Sergai antara lain; Pantai Pondok Permai, Woong Rame, Bali Lestari, Pantai Cermin Thame Park, Kuala Putri, Sri Mersing, Gudang Garam berlokasi di Kecamatan Pantai Cermin. Sedangkan Pantai Matang Matik, Nipah, Romatis, Cemara Kembar, Mangrove, Klang berada di Kecamatan Perbaungan. Pantai Sialang Buah dan Sentang di Kecamatan Teluk Mengkudu  dan Pantai Merdeka berada di Kecamatan Tanjung Beringin.

Oleh karena itu Kabupaten Serdang Bedagai menjadi tujuan wisatawan yang selalu ramai dikunjungi, baik para pelancong yang berdomisili di Sergai itu sendiri, maupun yang berasal dari daerah-daerah lain. Tujuannya sama, yaitu yang ingin mencari kesenangan dan hiburan setelah lelah dengan rutinitas sehari-hari.

Seperti yang diungkapkan oleh Lenti, warga Martubung Kota Medan yang senang berkunjung di lokasi pantai di Serdang Bedagai. Ia mengakui jika wisata pantai yang ada d Tanah Bertuah Negeri Beradat ini memang bagus dan tentunya harganya sangat terjangkau.



Untuk melepas penat di tengah-tengah rutinitas padat, saat liburan kami agendakan berwisata di beberapa lokasi pantai yang ada di Kecamatan Pantai Cermin, Perbaungan maupun Teluk Menghkudu,” ujar Lenti. Tentu warga Sergai bangga tinggal di daerah yang memiliki beragam destinasi wisata unggulan yang menarik minat para traveler lokal hingga nasional. Yuk kita lestarikan dan rawat objek wisata yang ada di Sergai. Agar tak hanya kita, namun generasi selanjutnya juga bisa ikut menikmati.



Sebagaimana yang tertuang dalam program unggulan SAPDA atau Sapta Dambaan, yaitu Wisata Maju Terus. Wisata memiliki peranan penting dalam mendongkrak perekonomian masyarakat. Oleh karenanya, Pemkab Serdang Bedagai terus berupaya maksimal dalam mengembangkan seluruh potensi wisata baik itu bahari, budaya, religi, desa wisata, dan juga agrowisata.

 “ Jika pariwisata dan perekonomian bisa seiring sejalan tentu akan berdampak pada perekonomian. Sektor pariwisata juga sebagai penggerak ekonomi harus tetap mengedepankan kearifal lokal yang pada akhirnya mampu mendorong pembangunan daerah dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati di berbagai kesempatan. (Mendrova)

(ADV)*




 
Berita Lainnya :
  • Terkait Polemik Pengukuhan 24 Pjs. Penghulu di Rohil, Akas Virmandi Angkat Bicara Menggunakan Kacamata Administrasi
  • Deklarasi Relawan Forum Aktivis Alumni Himpunan Mahasiswa islam (FAAHMI) Dan Sahabat RIDO
  • KUASA HUKUM DANIEL SARAGI, SH, SESALKAN PENGANIAYAAN PIHAK SECURITY PT WANASARI NUSANTARA DAN AKAN MELAPORKAN KE POLDA RIAU
  • Hakim Erintuah Damanik Pemutus Bebas Gregorius Ronald Tannur Dan Lisa Rachmat Terjaring OTT Tim Gabungan Kejagung
  • Kejaksaan Agung Tangkap 3 Hakim PN Surabaya yang Jatuhkan Vonis Bebas ke Ronald Tannur
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Terkait Polemik Pengukuhan 24 Pjs. Penghulu di Rohil, Akas Virmandi Angkat Bicara Menggunakan Kacamata Administrasi
    02 Deklarasi Relawan Forum Aktivis Alumni Himpunan Mahasiswa islam (FAAHMI) Dan Sahabat RIDO
    03 KUASA HUKUM DANIEL SARAGI, SH, SESALKAN PENGANIAYAAN PIHAK SECURITY PT WANASARI NUSANTARA DAN AKAN MELAPORKAN KE POLDA RIAU
    04 Hakim Erintuah Damanik Pemutus Bebas Gregorius Ronald Tannur Dan Lisa Rachmat Terjaring OTT Tim Gabungan Kejagung
    05 Kejaksaan Agung Tangkap 3 Hakim PN Surabaya yang Jatuhkan Vonis Bebas ke Ronald Tannur
    06 ZULPAN KECEWA LAPORAN PENGGELAPAN MOBIL DIHENTIKAN OLEH PENYIDIK POLSEK TAMBANG DAN DINILAI MENYESATKAN
    07 Keluarga Korban Alm. Prada Josua Lumban Tobing memberikan apresiasi kepada Denpom 1/3 Pekanbaru Akan Segera Laksanakan Autopsi
    08 Tujuh Prosonil Pol PP Kampar Laksanakan Tugas Sesuai dengan Surat Perintah Tugas Yang di Keluarkan Camat Tapung
    09 Sopir Mobil dan Kernet di Tangkap Polisi Saat Melintas di Jambi yang Bermuatan BBM ilegal dari Sumsel Menuju Riau
    10 Jelang Pilkada Serentak 2024, Kapolsek Dolok Masihul Jalin Silaturahmi Dengan Tokoh Masyarakat
    11 Sungguh Miris!! Status Sudah di Tetapkan Jadi Tersangka Atas Kasus Penganiayaan, Malah Jadi Kuasa Hukum di Kasus Yang Berbeda
    12 Wakapolres Kompol Mukmin Rambe SH Lakukan Pengecekan Gudang Logistik KPU Sergai
    13 JAKSA MASUK SEKOLAH, AJAK PELAJAR SMK KESEHATAN NUSANIWE AMBON UNTUK CEGAH AKSI BULLYING DAN CEGAH PENYALAHGUNAAN MEDSOS
    14 Komjak Minta Jaksa Bijak Tangani Perkara Ibu Guru di Konawe Selatan
    15 Angkutan Material Proyek Tol Menggangu Ketentraman Masyarakat Simpang Sungai Duren
    16 Diberitakan Dugaan Korupsi Dana Desa, Oknum Kades di Tapung Kampar Berbohong dan Somasi Media
    17 Tantangan ST Burhanuddin Sebagai Jaksa Agung. Tangkap, Tahan dan Buru Aset Koruptor
    18 Relawan Prabowo-Gibran PAPERA Jatim Hadiri Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden
    19 Ibarat Lidah Buaya Bercabang Dua, Pemilik Alat Berat dan Pengusaha PETI Kompromi Berbohong Kelabui Publik
    20 Penangkapan Jamu Ilegal Di Rimbo Panjang, Direktur Penyidikan BPOM RI Minta Pelaku Menyerahkan Diri
    21 PUTRA - PUTRI DAERAH MALUKU IKUT SELEKSI CPNS KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2024
    22 Oknum Polsek Cisauk di Duga "86" dengan Para Pelaku Tawuran, Kenapa Satu Orang Yang Ditangkap "Kuasa Hukum PELAKU dan KORBAN Tidak Terima
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik