Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
SABU KUSUKA Hadir di Dolok Merawan Sergai, Pemilik Usaha Ajak Masyarakat Untuk Dapat Merasakan Sensasinya Cita Rasa Sari Tebu Murni
Kamis, 13-06-2024 - 13:59:22 WIB
TERKAIT:
   
 

Sergai, Sumut. OPSINEWS.COM - Tanaman tebu memang banyak kegunaannya, salah satunya adalah bahan baku gula pasir adalah tebu. Seiring perkembangan jaman, dengan menggunakan mesin pemeras, tebu kini menjadi minum pelepas dahaga yang manis rasanya, segar serta alami.

Seperti warung becak Es Tebu bernama SABU KUSUKA (Sari Tebu Kusuka) yang mangkal di tepi jalan di Dusun 1, Desa Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara ini. Buka setiap hari dari pukul 09.00 wib hingga 18.00 wib, Es Tebu Sabu Kusuka yang dilayani oleh Halimah selalu sabar menanti satu persatu warga yang membeli untuk menikmati segarnya sari tebu.

Dijual dengan harga yang sangat murah yakni Rp3000 hingga Rp5000 yang disajikan menggunakan plastik dan cup pembeli bisa melepaskan dahaganya dan dapat merasakan sensasinya sari tebu.

Meski penjual Es Tebu sudah menjamur dimana mana, Namun tidak menyurutkan semangat pemilik usaha SABU KUSUKA untuk selalu mengais rezekinya dengan berjualan sari tebu.

Menurut Sarianto Damanik pemilik usaha SABU KUSUKA dan berprofesi wartawan ini menyampaikan, untuk menjaga kwalitas rasa sari tebu harus dipilih tebu yang sudah tua.

" Kalau jualan itu memang pasang surut, namun itu adalah sebuah hal yang biasa, jangan takut. Terus kita mencari rezeki dari berjualan sari tebu. Untuk menjaga agar sari tebu rasanya manis, itu sederhana, harus dipilih tebu yang sudah tua. Menjaga  ketiadaan tebu nantinya, saya juga sudah menanam tebu " Ungkapnya, Kamis, (13/06/2024) kepada Opsinews.com

Dijelaskannya, usaha Es Tebu SABU KUSUKA ini baru dibuka pada minggu (26/05/2024) yang lalu. Sedangkan omset perhari disebutkannya tidak bisa normal dan tergantung pada cuaca, untuk pemerasan SABU KUSUKA memeras 100 batang yang  panjang 2.5 - 3 m perminggu.

" Es Tebu SABU KUSUKA baru saja kami buka pada (26/05/2024) yang lalu. Kalau omset, alhamdulillah lah, itu gak bisa normal, tergantung cuaca, alhamdulillah lah" Ujarnya.

Untuk itu, S Damanik berharap agar warga ataupun warga khususnya yang melintas di jalan Dusun 1 , Desa Dolok Merawan, Kecamatan Dolok Merawan mari merasakan segarnya alami sari tebu yang di sajikan SABU KUSUKA.

" Sari tebu adalah minum yang alami tanpa bahan pengawet, jadi jangan ragu dan takut minum air tebu. Yuk, bagi warga kecamatan Dolok Merawan dan warga yang melintas minum sari tebu di SABU KUSUKA Dolok Merawan. Jika ingin pesan antar bisa menghubungi di nomor ponsel  0821-6495-5606" Harapnya.

Untuk diketahui, Dikutip dari Halodoc Selain menyegarkan, manfaat minum air tebu pun cukup banyak. Tebu merupakan tanaman rumput yang memiliki sekitar 36 varietas. Dalam tanaman ini, terkandung gula alami yang cukup tinggi.

Tebu hampir tidak memiliki kandungan lemak, kolesterol, ataupun protein. Namun, ini mengandung natrium, kalium, kalsium, magnesium, dan zat besi, yang penting untuk tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat minum air tebu untuk kesehatan tubuh:

Memberi Suntikan Energi Instan
Sering dijajakan di pinggir jalan saat siang hari, es sari tebu bisa jadi penambah energi yang menyegarkan. Gula sederhana dalam air tebu mudah diserap tubuh dan bisa mengisi kembali kadar gula dengan cepat.

Meningkatkan Fungsi Hati
Air tebu telah lama populer sebagai salah satu pengobatan alami terbaik untuk penyakit terkait hati seperti penyakit kuning. Ini karena air tebu bersifat basah, sehingga bisa membantu dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Membantu Tubuh Melawan Kanker
Konsentrasi kalsium, magnesium, potasium, besi, dan mangan yang tinggi membuat sari tebu bersifat basa. Selain itu, kandungan flavonoid membantu tubuh mencegah sel kanker, terutama kanker prostat dan payudara.

Memperlancar Sistem Pencernaan
Manfaat lainnya minum air tebu untuk kesehatan adalah memperlancar sistem pencernaan. Kandungan kalium dalam air tebu menyeimbangkan tingkat pH di perut dan memfasilitasi sekresi cairan pencernaan. Ini juga membantu mencegah infeksi lambung.

Menjaga Kesehatan Ginjal
Karena rendah kolesterol, rendah sodium, tanpa lemak jenuh, air tebu bermanfaat untuk membantu menjaga ginjal dalam kondisi prima.

Meredakan Rasa Sakit yang Terkait dengan PMS dan ISK
Jika dikonsumsi dalam bentuk encer, dengan perasan jeruk nipis dan air kelapa, air tebu dapat membantu mengurangi peradangan tubuh. Terutama yang terjadi akibat penyakit menular seksual, infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan prostatitis.

Membantu Perkembangan Tulang dan Gigi Kalau menengok jauh ke belakang, batang tebu sering digunakan di zaman dahulu untuk membantu perkembangan tulang dan gigi. Selain jadi hiburan bagi anak-anak dan remaja, kandungan kalsium dalam tebu dapat menunjang perkembangan sistem kerangka, tulang, dan gigi.

Mencegah Bau Mulut dan Kerusakan Gigi
Manfaat lainnya yang bisa kamu dapat dari minum air tebu adalah mencegah bau mulut dan kerusakan gigi. Tebu kaya akan mineral, termasuk kalsium dan fosfor, dan juga membantu membangun enamel gigi dan memperkuat gigi. Ini juga mengatasi bau mulut.

Bermanfaat bagi Pengidap Diabetes
Pengidap diabetes memang harus mewaspadai konsumsi gula. Namun, meski kandungan gula dalam air tebu cukup tinggi, dalam jumlah sedang, minum air tebu justru bermanfaat bagi pengidap diabetes.

Sebab, gula alami dalam ekstrak tebu memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini dapat membantu mencegah lonjakan kadar glukosa darah yang sering terjadi pada pengidap diabetes. Namun, sebaiknya bicarakan dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Itulah beberapa manfaat minum air tebu untuk kesehatan tubuh. Gula yang terkandung dalam air tebu memang alami dan bermanfaat. Namun, perlu kamu ingat bahwa pada dasarnya itu adalah gula. Jadi, konsumsilah sewajarnya saja. (Mendrova)




 
Berita Lainnya :
  • Seminar Stainless Steel, Tinjauan Praktis Industriawan di Hotel Grand Orchardz Kemayoran Jakarta Pusat
  • Kapolres Pimpin Sertijab Kapolsek Tambang, Kasat Intelkam, Kasat Resnarkoba, Kasat Binmas, dan Kasat Lantas
  • Polsek Kerinci Kanan Melaksanakan Giat Curhat Menjadi Rutinitas Dengan Masyarakat
  • Team Simpatisan Partai Gerindra Laporkan Dugaan Perselingkuhan Jhon Kanedy ke DPD Partai Gerindra Prov Riau
  • Satgas SIRI Berhasil Mengamankan Buronan (DPO) Perkara Penipuan Terpidana FIRMAN AGENG PAMENANG
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Seminar Stainless Steel, Tinjauan Praktis Industriawan di Hotel Grand Orchardz Kemayoran Jakarta Pusat
    02 Kapolres Pimpin Sertijab Kapolsek Tambang, Kasat Intelkam, Kasat Resnarkoba, Kasat Binmas, dan Kasat Lantas
    03 Polsek Kerinci Kanan Melaksanakan Giat Curhat Menjadi Rutinitas Dengan Masyarakat
    04 Team Simpatisan Partai Gerindra Laporkan Dugaan Perselingkuhan Jhon Kanedy ke DPD Partai Gerindra Prov Riau
    05 Satgas SIRI Berhasil Mengamankan Buronan (DPO) Perkara Penipuan Terpidana FIRMAN AGENG PAMENANG
    06 Kapolres Sergai Lakukan Kunjungan Ke Kantor MUI Sergai, Ketua MUI H Hasful Huznain : Siap Bersinergi dan Berkoordinasi Dengan Jajaran Polres Guna Menjaga Kamtibmas
    07 KEJAKSAAN TINGGI MALUKU MELAKUKAN PENANDATANGAN PERJANJIAN KERJASAMA (MoU) DENGAN PEMERINTAH PROVINSI MALUKU
    08 Management Perkebunan Koperasi Air Kehidupan Klarifikasi Terkait Informasi Miring Yang Sudah Beredar
    09 Kapolri Tegaskan Polisi Tidak Anti Kritik, Terhadap Fonomena Jurnalis Medsos
    10 Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Data Pelayanan Administrasi Kependudukan
    11 Gelar Operasi Pekat 2024, Polres Sergai Berhasil Sita 7 Botol Minuman Keras Dari Warung Tuak di Dusun XIV Desa Pekan Tanjung Beringin
    12 Ketua GM. Pujakesuma Dumai Ucapkan Selamat Hari Lahir PSCP ke-50 Tahun
    13 Setengah Abad PSCP, Teguh : Terus Membanggakan Negeri dengan Prestas
    14 Berbagi Tali Asih, Pengurus Panti Asuhan Selfan Kaofe Hulu SH, Sambut Kunjungan Kajari Kota Tebing Tinggi
    15 Akhmad Yani Renuat Terima Rekomendasi Partai Perindo Sebagai Calon Walikota Tual
    16 PIMPINAN PONPES HIDAYATULLAH LUBUK DALAM MENGHADIRI UNDANGAN GRAND SYEKH AL-AZHAR DI PONPES DARUNNAJAH JAKARTA
    17 Polsek Pangean Ungkap Tindak Pidana Narkotika Jenis Sabu Pelaku Berinisial R" Barang Haramnya Sembunyikan di Belakang Pintu Terali
    18 Saat Pesta Narkoba di MP Club Pekanbaru 7 Muda Mudi Diciduk Polisi
    19 Kasus SPPD Fiktif DPRD Riau Naik Ke Penyidikan, Usai Muflihun Mantan PJ Walikota Pekanbaru Diperiksa!
    20 Terkait Kegiatan Penggunaan DD Desa Sei Sijenggi Tidak Transparan, Kadis PMD Sergai Drs. Fajar Simbolon M.Si Tidak Mau Jawab Konfirmasi Wartawan
    21 Kapolres Serdang Bedagai Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Toba dengan tema "Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas
    22 Komandan Kodim 0301/PBR' Laksanakan Program Kampung Pancasila Buat Sumur Bor 10 Titik di Tenayan Raya Kota Pekanbaru
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik