Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Perayaan Hari Raya Waisak Suci di Kota Tebing Tinggi Berlangsung Dengan Sangat Meriah
Senin, 10-06-2024 - 20:52:54 WIB
TERKAIT:
   
 

Tebing Tinggi, Sumut. OPSINEWS.COM - Ratusan umat Agama Buddha Merayakan Hari Raya Waisak Suci 2568, Yang Di Komodir Oleh Miss Chutima Jenjaroen Bersama Umat berlangsung di Kota Tebing tinggi dengan sangat meriah dan memberikan makna tersendiri bagi Umat Buddha Diseluruh Kota Tebing tinggi jln Sutomo, Sabtu (8/6/2024).

Dalam Laporannya Ketua Panitia Pelaksana Hari Raya Waisak, Ratana Putra  menyampaikan bahwa Hari Raya suci pelaksanaan Hari Raya Waisak ini telah dilakukan dalam berbagai rangkaian Kegiatan Perkenalkan kemasyarakat Bahwa tujuan ini Merupakan kebudayaan Agama Buddha Yang Ada Di Kota Tebing tinggi, melibatkan beberapa Stekholder baik dari Masyarakat, Agama dan Aparat Keamanan Kepolisian dengan target yang sudah ditetapkan namun dalam pelaksanaanya hasilnya melebihi target yang telah ditentukan dan ini merupakan suatu keberhasilan dan kebanggan tersendiri bagi Umat Buddha yang turut Hadir, Pembimbing Masyarakat Buddha Provinsi Sumatera Utara. Dr. Budi Sulistiyo, S. Ag, M.Pd, MH. Bimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara, DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia ( Walubi ) Provinsi Sumateta Utara Dr. Brilian  Moktar, SE, MM, MH.  Ketua Walubi Kota Tebing tinggi ( MBI ), Buddha Tzuchi, Lions Club Tebing tinggi Royal Distrik 307 A2. Kelenteng Cin Kun, Sam Taita Tebing tinggi Ketua vihara Mahadana Kota Tebing tinggi. WBI Tebing tinggi Vihara Avoloktavara Tebing tinggi Vihara VVVG Tebing tinggi.

Kegiatan ini di hadir Pak Kapolres Tebing tinggi di wakali oleh AKP. Rustam Effendi  Dalam Kegiatan Tersebut di kawal Oleh Porsonil Anggota Kasat Lantas Polres Tebing tinggi, Mewakili IPDA M. Marpaung Kanit Patroli, Bersama Anggota. Juga hadir Kanit Intel Polres Tebing tinggi.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini Pawai Bersama umat Keliling Wilayah Kota Tebing tinggi untuk Memperkenal Kepada Masyarakat Bahwa Agama Buddha Salah Satu tujuan adalah mempererat tali persaudaraan di antara umat beragama sehingga tercapainya moderenisasi beragama di Seluruh Kota Tebing tinggi, Provinsi Sumatera Utara.

ucapan terima kasih disampaikan Ketua Pembina, Rudi Alias Awi  kepada setiap peran serta, sehingga Merayakan Mahanikaya bayi Suci Waisak ini dapat berjalan dengan baik.

Kesempatan Yang sama  Miss.  Chutima  Jenjaroen, Phra Sukantho Mahatera, Phra Phramaha Penawal  Supachoto, Phra Hackler  Panyavora, Phra Narong Thitasilo, Phra Ek Jharudhammo, dalam pesan Waisak selaku Pemuka Agama Buddha di Kota Tebing tinggi menyampaikan bahwa Waisak merupakan hari Keramat, Hari Suci Bagi Umat Buddha yang merupakan peristiwa penting  yaitu lahirnya seorang Pangeran  Buddha sekitar 2568 Tahun yang lalu, serta Perjalanan kehidupannya dalam usahanya untuk mencapai kesempurnaan hidup yang bertepatan pada purnama atau Waisaka.

Lanjut, Phra Dr. Phramaha Woot  Menyampaikan Apresiasi Kepada Aparat Keamanan Kepolisian Tokoh  Agama yang berkontribusi sehingga memberikan makna waisak yang sangat mendalam. Tema yang di usung dalam Perayaan Waisak tahun ini tentang harmonis dan Bahagia merupakan salah satu ajaran Buddha karena keharmonisan merupakan sumber untuk manusia dapat hidup Bahagia. Sehingga Keharmonisan harus di jaga antara keinginan dan kebutuhan manusia itu sendiri.

Hal ini ditegaskannya karena Indonesia dikenal dengan Sesanti Gotong Royong yang memiliki makna untuk saling berbagi dan membantu. Hal ini senada dengan ajaran Agama Buddha yang memberikan tiga aspek ajaran yang di anggap mudah tetapi sulit di laksanakan yaitu jangan berbuat jahat, tambahlah kebajikan menyucikan hati dan pikiran.

Mengakhiri Pesannya selaku Pemuka Agama Buddha di Kota Tebing tinggi, Miss Chutima Jenjaroen mengajak seluruh umat Buddha agar hidup Harmonis karena hal ini membawa ketenteraman bagi batin dan hidup kita. (Mendrova)




 
Berita Lainnya :
  • Demo AMUK di Mapolres Batang Hari Berujung Hearing dan Kesepahaman
  • JAM-Intelijen Prof. Dr. Reda Manthovani Raih Penghargaan “Kolumnis Inspiratif dari Pembaca Hukumonline 2024
  • Mike Mariana Siregar, S.H Dampingi Tiga Saksi Pelapor Kadisbunak Atas Pencemaran Nama Baik
  • Kapolda Riau di Minta Turun tangan Tindak Dan Tangkap Para Mafia BBM Inisial UCOK R Yang diJalan Pesantren Serta NP
  • Aksi Unjuk Rasa yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Tertib dan Bangkit di Minta Herring langsung oleh pihak Kepolisian Daerah Jambi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Demo AMUK di Mapolres Batang Hari Berujung Hearing dan Kesepahaman
    02 JAM-Intelijen Prof. Dr. Reda Manthovani Raih Penghargaan “Kolumnis Inspiratif dari Pembaca Hukumonline 2024
    03 Mike Mariana Siregar, S.H Dampingi Tiga Saksi Pelapor Kadisbunak Atas Pencemaran Nama Baik
    04 Kapolda Riau di Minta Turun tangan Tindak Dan Tangkap Para Mafia BBM Inisial UCOK R Yang diJalan Pesantren Serta NP
    05 Aksi Unjuk Rasa yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Tertib dan Bangkit di Minta Herring langsung oleh pihak Kepolisian Daerah Jambi
    06 Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Ormas Maluku Utara Bersatu Kunjungi Kementerian ESDM.
    07 GEMMPAR Riau Gelar Demonstrasi dan Mendesak Ketua DPD Partai Gerindra Riau Pecat Jhon Kanedy Yang Diduga Selingkuh
    08 dr. Riski Sosok Kader Gerindra di Sergai yang Populer dan Elektabilitas Tinggi
    09 Dandim 0301 Pekanbaru Hadiri Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara
    10 Bangun Sinergi, Lapas Narkotika Rumbai Terima Patroli Sambang Satuan Binmas Polresta Pekanbaru
    11 Istri Wakil Bupati Raja Ampat Hadir Pada Hari Kebaya Nasional 2024 Di Jakarta
    12 JAKSA MASUK SEKOLAH : KEJAKSAAN TINGGI MALUKU BERSAMA SMA NEGERI 1 AMBON, SEPAKAT PERANGI AKSI PERUNDUNGAN DILINGKUNGAN SEKOLAH
    13 Tabir Misteri Kasus Imran Chaniago Segera di Bongkar! Ketua KNPI Riau: "Kedua Oknum Jaksa ini Siap-Siap di Laporkan
    14 Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Ind Hadiri Hari kebaya Nasional Indonesia 2024
    15 Kemenkes & Mitra Jejaring Sepakat Fasilitas Kesehatan Swasta Bersinergi Penanggulangan TBC
    16 Direktur RSUD dr Kumpulan Pane "Sambut Hangat Kunjungan Wartawan Sumut Opsinews.com Dengan Suasana Penuh Keakraban
    17 Raih Predikat WTP 8 Kali Berturut-Turut, Jaksa Agung Lanjutkan Komitmen Kejaksaan Jadi Institusi yang Akuntabel di Mata Publik
    18 JAM-Pidum Prof. Dr. Asep Nana Mulyana Terapkan Keadilan Restoratif pada Perkara Pencurian dalam Keluarga di Palu
    19 JAM-Pidum Prof. Dr. Asep Nana Mulyana Terima Kembali Audiensi Duta Besar Republik Islam Iran Yang Mulia Mohammad Boroujerdi
    20 Langsung Diserahkan Kaesang Pangarep, PSI Resmi Usung Afrizal Sintong - Setiawan di Pilkada Rohil
    21 Oknum Kepsek Inisial H Segera di Laporkan ke Kabareskrim Mabes Polri Terkait Kasus Dugaan Korupsi Dana Bos
    22 Kajati Riau menjadi Narasumber dalam program Jaksa Menjawab di Riau Televisi
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik