Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Bupati Sergai Sebut Diversifikasi Pangan Salah Satu Solusi Hadapi Tantangan Perubahan Iklim
Minggu, 03-03-2024 - 07:45:04 WIB
TERKAIT:
   
 

SERGAI SUMUT. OPSINEWS.COM - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri acara Sarasehan Yayasan Bina Keterampilan Pedesaan Indonesia (BITRA) ke-36 dan Pameran Pangan Sehat untuk Masyarakat Tangguh Iklim yang digelar di Desa Karang Anyar, Kecamatan Pegajahan, Jumat (1/3/2024).

Bupati Sergai mengucapkan selamat datang kepada para perwakilan dari berbagai kabupaten di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Semoga kabupaten kami ini dapat memberikan kesan yang baik, serta acara ini dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masing-masing,” ujarnya.

Bupati menyebut, BITRA merupakan yayasan yang bekerja untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di pedesaan melalui advokasi kebijakan, aliansi strategis, pendidikan dan pelatihan.

Didukung program Kemitraan Australia Indonesia untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan atau MAMPU, Bupati Sergai menyebut BITRA bekerja di 30 desa/kelurahan di 4 kabupaten di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“BITRA adalah organisasi berbadan hukum yayasan dan bersifat nirlaba yang melakukan fasilitasi dan implementasi langsung dalam rangka pemberdayaan masyarakat marginal terutama di pedesaan dan pengembangan pelayanan publik di berbagai level. Tujuan dibentuknya yayasan BITRA untuk mendampingi masyarakat dalam mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia baik secara perorangan maupun kelompok. Dalam usaha meningkatkan taraf hidup, kesejahteraan sosial dan martabat dalam pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan,” bebernya lebih lanjut.

Selanjutnya Darma Wijaya menjelaskan tema acara hari ini adalah “inovasi pangan sehat untuk masyarakat tangguh iklim”. Menurutnya, pangan yang sehat adalah pangan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin, serta bebas kuman, bahan berbahaya, bahan cemaran dan bahan tambahan makanan yang tidak diperbolehkan seperti formalin, boraks dan lain-lain

“Mengkonsumsi makanan sehat dalam waktu yang panjang akan memberikan manfaat bagi tubuh. Besarnya manfaat makan sehat sangat penting diperhatikan terutama saat periode emas yaitu saat anak masih dalam kandungan sampai bayi berusia dua tahun,” kata Bupati.

Dirinya berpendapat, saat ini perubahan iklim sangat cepat dan tidak menentu sehingga tantangan pangan semakin kompleks.

Untuk menghadapi tantangan ini, menurutnya diperlukan adanya diversifikasi pangan. Diversifikasi pangan tidak hanya menciptakan variasi makanan yang lebih subur dan berkelanjutan, tetapi juga tentang menciptakan sistem pangan yang lebih tangguh dan berkelanjutan.

“Dalam beberapa tahun terakhir, inovasi diversifikasi pangan telah berkembang pesat. Beberapa contohnya adalah makanan alternatif berupa makanan nabati seperti tahu tempe. Selain itu adanya pertanian berkelanjutan yang melibatkan praktek pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, meliputi penggunaan pupuk organik, pengendalian hama alami, serta pengelolaan tanah dan air yang bijaksana,” jelasnya.

Terakhir, Bupati yang punya panggilan akrab Bang Wiwik ini menyebut pertanian berkelanjutan dapat membantu mengatasi degradasi lingkungan dan kerentanan terhadap perubahan iklim.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Pembina BITRA Indonesia Sabastian Eliyas Saragih, Pendiri BITRA Indonesia Ir. H. Soekirman, Direktur Alinasi Organisasi Indonesia Pius Muliono, Asisten Ekonomi Pembangunan Fitriadi, S.Sos, M.Si, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Drs. Zulfikar, Kadis Ketapang Kamaluddin, MA, Camat Pegajahan, Kepala Desa Karang Anyar, dan perwakilan BITRA Kabupaten Sergai, Deli Serdang, Simalungun, Langkat, Binjai, Aceh Selatan, Batu Bara, Tebing Tinggi, Labuhan Batu Utara, Samosir, Karo, dan Medan. (Mendrova)




 
Berita Lainnya :
  • Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Mengikuti Kegiatan Musrenbang Kejaksaan RI Tahun 2024 Secara Virtual
  • Gedung SDN 08 Seperti Kandang Hewan, Rion Ajukan Permohonan Informasi Ke PPID Utama Pemko Bukittinggi
  • WAKAJATI RIAU HADIRI UPACARA PERINGATAN HARI OTONOMI DAERAH XXVIII TAHUN 2024
  • Tim Mata Elang Polres Kuansing Ungkap Kasus Pengedar Narkotika Shabu: Tersangka Ditangkap di Desa Geringging Jaya
  • 20 Butir Diduga Narkoba Jenis Ekstasi Dengan Berat Brutto 5,63 Gram Berhasil Diamankan Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Sergai Dari Tangan Pelaku
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Mengikuti Kegiatan Musrenbang Kejaksaan RI Tahun 2024 Secara Virtual
    02 Gedung SDN 08 Seperti Kandang Hewan, Rion Ajukan Permohonan Informasi Ke PPID Utama Pemko Bukittinggi
    03 WAKAJATI RIAU HADIRI UPACARA PERINGATAN HARI OTONOMI DAERAH XXVIII TAHUN 2024
    04 Tim Mata Elang Polres Kuansing Ungkap Kasus Pengedar Narkotika Shabu: Tersangka Ditangkap di Desa Geringging Jaya
    05 20 Butir Diduga Narkoba Jenis Ekstasi Dengan Berat Brutto 5,63 Gram Berhasil Diamankan Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Sergai Dari Tangan Pelaku
    06 Penjabat Walikota Tebing Tinggi Sampaikan Nota Pengantar LKPJ TA 2023
    07 Formapera Soroti Praktik Transaksional Di Balik Penunjukan Pj Kepala Daerah Se-Indonesia
    08 Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis melalui Program Geographical Indication Goes to Marketplace
    09
    10 KAJATI RIAU TERIMA KUNJUNGAN SESPIM LEMDIKLAT POLRI
    11 Kejati DKI Jakarta Lakukan Penahanan Terhadap Tersangka Dugaan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengelolaan Dana Pensiun Bukit Asam Tahun 2013 s/d 2018
    12 Barita Simanjuntak di era JA Burhanuddin Kejaksaan Berhasil Menjaga Lembaga Penegak Hukum Paling dipercaya Public
    13 Dalam Rangka Memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke-60, Lapas Narkotika Rumbai Sukses gelar Kegiatan Pemasyarakatan Sehat
    14 Presiden Joko Widodo Bersama Rombongan Bertolak ke Gorontalo
    15 Asisten Pengawasan Kejaksaan Tinggi Riau Penerima Apel Kerja Pagi
    16 Halal Bihalal LSM BIDIKRI, Meningkatkan Uhkuah Organisasi dan Persatuan diMomen 1 Syawal 1445 H
    17 Tim Satgas SIRI Berhasil Mengamankan Buronan (DPO) Selama 7 Tahun Perkara Perpajakan Atas Nama Terpidana CHRISTIAN TJONG
    18 Polres Sergai Laksanakan Giat Verifikasi Penerimaan Calon Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama Polri TA 2024
    19 Program Adhyaksa Awards, Barita Simanjuntak: Jaksa Berprestasi Harus Diberikan Kesempatan
    20 Polsek Tapung Hulu Mengamankan Pelaku Pencabulan Yang Sudah Memiliki Istri
    21 Polsek Tapung Hulu Tingkatkan Kasus Dugaan Pengancaman Wartawan dari Penyelidikan ke Penyidikan
    22 DPD GRANAT Minta Kapolda Riau Memecat Bripda YI dari Personil Kepolisian
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik