Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Diikuti Seluruh TP PKK Kecamatan, Bupati Rohil Buka Lomba Memasak Serba Ikan
Selasa, 22-08-2023 - 20:34:02 WIB
TERKAIT:
   
 

Bagansiapiapi. OPSINEWS.COM- Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP, M.Si secara langsung membuka lomba memasak serba ikan yang ditaja Dinas Perikanan dan diikuti seluruh Tim Penggerak PKK Kecamatan, Selasa (22/8/2023).
Lomba memasak serba ikan yang diselenggarakan di samping kantor Dekranasda tersebut dihadiri Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Ketua PKK Sanimar Afrizal, para Kepala OPD, Kabid Perikanan Provinsi Riau Wiwik Puji Rahayu, Kapolsek Bangko, para Camat dan berbagai unsur lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan bahwa, dengan perlombaan memasak itu secara bersama - sama berkumpul dan memadupadankan tekad dan niat kita untuk memajukan kesejahteraan kabupaten Rokan Hilir melalui peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan oleh para ahli gizi.

Sebab kata Bupati, untuk membangun sesuatu yang besar tentunya harus dimulai dari yang kecil terlebih dahulu. Demikian juga halnya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat tentunya haruslah dimulai dari peningkatan konsumsi ikan di keluarga.

"Sebagai mana kita ketahui bersama, keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang merupakan komponen utama dalam hal penyediaan sumberdaya manusia yang unggul dan kompetitif, yang akan mempengaruhi berhasil atau tidaknya apa yang telah dicita-citakan oleh pendiri negara ini," kata Bupati.

Untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing serta berkarakter terang Bupati, maka pembangunan dan pembinaan fisik dan mental haruslah dimulai dari keluarga.

"Agar generasi penerus bangsa dapat diandalkan dimasa yang akan datang, maka bukan saja generasi yang cerdas dan sehat saja yang diperlukan tetapi juga mempunyai mental dan perilaku atau akhlak yang baik. asupan yang sehat dan bergizi bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak kehalalan makanan sangat berpengaruh terhadap mental dan perilaku atau akhlak anak," paparnya.

Untuk meningkatkan konsumsi ikan di kabupaten Rokan Hilir tambah Bupati, maka membudayakan makan ikan dikalangan anak - anak dan generasi muda adalah satu keharusan. melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) diharapkan tumbuh kesadaran baik individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman dan sehat dengan melibatkan seluruh elemen bangsa.

Dimana sambung Bupati, salah satu implementasi gemarikan adalah melalui promosi edukatif peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba masak serba ikan yang dilaksanakan secar berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional.

"Terkait lomba menu, kita semua sama- sama menyadari bahwa konsumsi sehari-hari kita senantiasa dikaitkan dengan protein. karena protein merupakan unsur pembangun dari ketiga triguna makanan," jelasnya.

WNPG (Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi) merekomendasikan angka kecukupan gizi perkapita perhari = 57 gram protein per kapita perhari yang harus kita penuhi. Selain sumber protein, berdasarkan penelitian ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

"Untuk menjadikan ikan sebagai menu sehari-hari kita, tentunya dibutuhkan kreativitas agar ikan yang kita konsumsi, setidaknya memenuhi standar dan norma angka kecukupan gizi, disajikan secara
segi rasa yang enak dan higines, " katanya.

Bupati berharap, dengan kegiatan lomba menu berbahan dasar ikan, mudah-mudahan dapat dijadikan wahana pembelajaran dalam mengasah kemampuan memasak, mengolah cita rasa ikan menjadi lebih baik.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Perikanan Rohil yang telah menyelenggarakan lomba Memasak Serba Ikan tersebut. Ia juga meminta agar dewan juri bekerja secara profesional dalam memberikan penilaian terhadap peserta lomba.

Setelah melalui proses dan penilaian yang panjang, akhirnya lomba memasak serba ikan dimenangkan oleh Juara l Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Juara ll Kecamatan Rimba Melintang serta Juara lll Kecamatan. SM.




 
Berita Lainnya :
  • Wan Abu Bakar Hembuskan Isu SARA, Edy Nasution Langsung BAPERAN, Ketua KNPI Riau Bilang ini:
  • Wartawan Liputan4.com Melaporkan DBS Ke Polres Tebing Tinggi
  • Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Racka S.A.P.,M.Han Resmikan Mushola Al-Ikhlas Dan Kantor Tim Intel
  • Polres Siak di sinyalir Tutup Mata & Tutup Telinga,Mafia BBM di SPBU Nomor 14.286.675 Minas Semakin Leluasa
  • Poktan Imam Hasan Lawan Bupati Tanjung Jabung Barat Dan PT. DAS Disidang PTUN Jambi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Wan Abu Bakar Hembuskan Isu SARA, Edy Nasution Langsung BAPERAN, Ketua KNPI Riau Bilang ini:
    02 Wartawan Liputan4.com Melaporkan DBS Ke Polres Tebing Tinggi
    03 Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Racka S.A.P.,M.Han Resmikan Mushola Al-Ikhlas Dan Kantor Tim Intel
    04 Polres Siak di sinyalir Tutup Mata & Tutup Telinga,Mafia BBM di SPBU Nomor 14.286.675 Minas Semakin Leluasa
    05 Poktan Imam Hasan Lawan Bupati Tanjung Jabung Barat Dan PT. DAS Disidang PTUN Jambi
    06 Kasus SPPD Fiktif Tahun 2016 Zaman Muflihun Segera di Bongkar, TFT Saja Masuk Penjara!
    07 Tugu PON Hilang Tanpa Jejak, Ketua KNPI Riau: "di Bangun Pada T.A: 2011, Lenyap Tahun 2024"
    08 Puluhan Pengunjuk Rasa Dikantor PDI-P Jakarta Pusat, Meminta Megawati Segera Memberhentikan Zukri Sebagai Ketua PDI-P Riau
    09 Kasus Korupsi Ratusan Milyar di Kuansing, Larshen Yunus: Proyek dari KLHK Tentang Reboisasi"
    10 PENGAJUAN 1 (SATU) PERKARA UNTUK DILAKUKAN PENGHENTIAN PENUNTUTAN BERDASARKAN KEADILAN RESTORATIF JUSTICE DISETUJUI OLEH JAMPIDUM KEJAKSAAN AGUNG RI
    11 Bupati Kasmarni: Jangan Mudah Percaya Terkait SE Penempat Tenaga Kesehatan dan Peresmian RSUD Rupat Utara 'HOAKS'
    12 KASUS PENYIMPANGAN PENGELOLAAN ANGGARAN PADA SEKRETARIAT DPRD PROVINSI RIAU PERIODE SEPTEMBER - DESEMBER 2022 AKHIRNYA DI TAHAN 1 ORANG ATAS DUGAAN TIPIKOR
    13 Evaluasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah Tri Wulan IV, Pj. Walikota Tebing Tinggi Paparkan Capaian Kinerja
    14 Bupati Afrizal Sintong Kukuhkan DPD Persatuan PPPKRI Kabupaten Rohil Masa Bakti 2024-2029
    15 Kasus Penipuan Warga 200 Juta Rupiah, Ketua KNPI Riau Segera Penjarakan Istri Oknum Polisi ini
    16 TMMD Ke-120 Kodim 0301/Pbr Laksanakan Kegiatan Penyuluhuan Hukum dan Narkoba
    17 Puluhan Warga Bandar Utama Tebing Tinggi Demo Membawa Poster dari Kertas Karton Bertuliskan
    18 DPP Perindo dan Gerindra Rekomendasikan Irdian Saragih sebagai Calon walikota, Perindo Tebing Tinggi Siap All Out Untuk Menangkan
    19 Silahturahmi Dengan Pastor dan Tokoh Gereja, Iman Irdian Ajak Umat Khatolik Bersama Membangun Kota Tebing Tinggi
    20 Polres Rohul Terkesan Tak Sanggup Menangkap Mafia BBM Di Jalan Lingkar Desa Koto Tinggi
    21 Mediasi di Polresta Pekanbaru Gagal,Kasus Dugaan Penganiayaan Karyawan Hoki Sunda Lanjut
    22 Dr Isradi Zainal, M.KKK Rektor Universitas Balikpapan Hadiri Rapat Pengurus Pusat Pleno (RPPP) ke-3 APTISI
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik