Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
PJ. Wali Kota Tebing Tinggi Bertindak Sebagai Irup Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023
Jumat, 02-06-2023 - 06:37:38 WIB
TERKAIT:
   
 

Tebing Tinggi, Sumut. OPSINEWS.COM - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023, Pemerintah Kota Tebing Tinggi menggelar upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Pj. Wali Kota Drs. Syarmadani, M.Si, Kamis (01/06/2023) di Lapangan Merdeka, Jl. Sutomo, Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara (Sumut).

Upacara bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global" di lingkungan Pemerintah Kota Tebing Tinggi, diikuti oleh unsur Forkopimda, sejumlah pimpinan OPD, perwakilan ASN, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, perwakilan pelajar dan mahasiswa Kota Tebing Tinggi serta tamu undangan lainnya.

Bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup), Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si membacakan langsung pidato bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Dalam isi pidato yang dibacakan oleh Pj. Wali Kota tersebut dikatakan bahwa Pancasila ditetapkan sebagai dasar dari Philosofische Grondslag.

"Sebagaimana kita ketahui hari lahirnya Pancasila tepat pada tanggal 1 juni 1945, dimana genap 78 tahun lamanya setelah adanya deklarasi hasil rapat BPUPKI menyatakan bahwa pancasila ditetapkan sebagai dasar dari Philosofische Grondslag atau bisa dikatakan sebagai dasar filosofi bagi bangsa Indonesia tercinta," ucap Pj. Wali Kota membacakan isi sambutan Presiden RI, Joko Widodo.

Pancasila, sambung Pj. Wali Kota sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan general, namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia," sambungnya.

Dikatakan Presiden RI dalam sambutan tertulisnya, bahwa Pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga, baik di masa dulu sekarang dan masa yang akan datang.

Selain hal tersebut, disampaikan juga dalam sambutan tertulis Presiden RI bahwa Pancasila telah membuktikan kekuatannya dalam menghadapi masalah global, seperti Pandemi Covid-19.

"Bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis dalam menghadapi masa Pandemi Covid 19. Hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia. Kedepan kita akan mewujudkan Indonesia semakin maju dan berkembang," ujar Pj. Wali Kota.

Himbauan terkait pesta demokrasi pemilu 2024 juga turut disampaikan Presiden RI dalam isi sambutannya.

"Bahwa tahun depan kita juga akan menghadapi pesta demokrasi melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur aman dan damai. Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan dalam menciptakan suasana yang aman dan damai," lanjut Pj. Wali Kota.

Lain dari itu, Presiden RI juga menyampaikan terkait angka stunting yang masih tinggi di Indonesia.

"Pada kesempatan ini saya sampaikan bahwa angka stunting Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO yaitu 20 persen. Untuk mengatasinya saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong-royong bersama sama peduli terhadap generasi penerus bangsa," tambahnya.

Terkahir, Presiden RI dalam sambutan tertulisnya mengajak segenap bangsa Indonesia untuk berkomitmen membangun peradaban dan pertumbuhan global dengan menguatkan jati diri dan karakter bangsa sikap dan perilaku patriot cinta tanah air.

"Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini marilah kita bergotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa. Sikap dan perilaku patriot cinta tanah air sudah menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, mari kita terus semangat dalam perjuangan  Pancasila dari Sabang sampai Merauke," tutup Pj. Wali Kota m

Turut hadir mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023, Kapolres Tebing Tinggi, AKBP Andreas LJ Tampubolon, Kepala BNNK Tebing Tinggi, Alexander S. Soeki, Ketua DPRD Tebing Tinggi, Basyaruddin Nasution, Wakil Ketua DPRD, HM Azwar, Kalapas Klas IIB Tebing Tinggi, Anton Setiawan, Danyon Sat Brimob Tebing Tinggi, Kompol Heriyono, Wakarumkit Bhayangkara Kota Tebing Tinggi, Kompol Aswin Sembiring, Dansub Denpom 13 TT, Kapten CPM Nurdin Nasution, Danramil 13 TT, Kapten Inf Yudi Chandra Gurning, Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi, Cut Carnelia, Ketua Pengadilan Agama, Ridwan Harahap, tokoh agama, serta tokoh masyarakat. (Mendrova)




 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Data Pelayanan Administrasi Kependudukan
  • Gelar Operasi Pekat 2024, Polres Sergai Berhasil Sita 7 Botol Minuman Keras Dari Warung Tuak di Dusun XIV Desa Pekan Tanjung Beringin
  • Ketua GM. Pujakesuma Dumai Ucapkan Selamat Hari Lahir PSCP ke-50 Tahun
  • Setengah Abad PSCP, Teguh : Terus Membanggakan Negeri dengan Prestas
  • Berbagi Tali Asih, Pengurus Panti Asuhan Selfan Kaofe Hulu SH, Sambut Kunjungan Kajari Kota Tebing Tinggi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Data Pelayanan Administrasi Kependudukan
    02 Gelar Operasi Pekat 2024, Polres Sergai Berhasil Sita 7 Botol Minuman Keras Dari Warung Tuak di Dusun XIV Desa Pekan Tanjung Beringin
    03 Ketua GM. Pujakesuma Dumai Ucapkan Selamat Hari Lahir PSCP ke-50 Tahun
    04 Setengah Abad PSCP, Teguh : Terus Membanggakan Negeri dengan Prestas
    05 Berbagi Tali Asih, Pengurus Panti Asuhan Selfan Kaofe Hulu SH, Sambut Kunjungan Kajari Kota Tebing Tinggi
    06 Akhmad Yani Renuat Terima Rekomendasi Partai Perindo Sebagai Calon Walikota Tual
    07 PIMPINAN PONPES HIDAYATULLAH LUBUK DALAM MENGHADIRI UNDANGAN GRAND SYEKH AL-AZHAR DI PONPES DARUNNAJAH JAKARTA
    08 Polsek Pangean Ungkap Tindak Pidana Narkotika Jenis Sabu Pelaku Berinisial R" Barang Haramnya Sembunyikan di Belakang Pintu Terali
    09 Saat Pesta Narkoba di MP Club Pekanbaru 7 Muda Mudi Diciduk Polisi
    10 Kasus SPPD Fiktif DPRD Riau Naik Ke Penyidikan, Usai Muflihun Mantan PJ Walikota Pekanbaru Diperiksa!
    11 Terkait Kegiatan Penggunaan DD Desa Sei Sijenggi Tidak Transparan, Kadis PMD Sergai Drs. Fajar Simbolon M.Si Tidak Mau Jawab Konfirmasi Wartawan
    12 Kapolres Serdang Bedagai Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Toba dengan tema "Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas
    13 Komandan Kodim 0301/PBR' Laksanakan Program Kampung Pancasila Buat Sumur Bor 10 Titik di Tenayan Raya Kota Pekanbaru
    14 Kodim 0301/PBR Melalui Danramil 07/Tenayan Raya Kapten Inf Hendri Dependi Bagikan Cendera Mata di Acara Malam Seni Budaya Kampung Pancasila
    15 Demo Di Gedung KPK, Puluhan Petani Kecamatan Merlung Dan Tungkal Ulu Desak KPK Ungkap Dugaan Gratifikasi Anwar Sadat
    16 Usman Ketua APDESI Kecamatan Perbaungan Dinilai Kurang Layak Jadi Contoh Soal Transparansi Penggunaan Dana Desa
    17 Sutarman Kades Sei Sijenggi Perbaungan Diduga Sengaja Membodohi Masyarakat Soal Penggunaan Dana Desa
    18 Perwujudan Kabupaten Sergai yang Religius Lewat Pengajian Muslimah Dambaan
    19 Polres Sergai Gelar Patroli KRYD Cipta Kondisi, Mengantisipasi Gangguan Kamtibmas di Wilkum Polres Sergai
    20 Diskominfotiksan Kota Pekanbaru Raih Penghargaan Perangkat Daerah Inovatif di Tahun 2023
    21 Tegas! Kapolda Riau Ultimatum Bandar Narkoba Masih Berani Bisnis Haram
    22 Wajah Tersangka yang Memerintahkan 2 Eksekutor Bakar Rumah Sempurna Pasaribu di Karo
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik