Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Kajari Kampar Tunggu Audit Inspektorat, Untuk Tindaklanjuti Kasus Dugaan Pungli Kades Buluh Cina
Sabtu, 20-05-2023 - 11:47:58 WIB
TERKAIT:
   
 

Siak hulu. OPSINEWS.COM-Masyarakat Desa Buluh Cina kecamatan Siak Hulu, kabupaten kampar, Propinsi Riau. Berharap agar Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar dapat memberikan tindakan tegas kepada kades Azrianto, karena pungli yang diduga dilakukan oleh Kades buluh cina Azrianto telah dilaporkan oleh tokoh masyarakat Buluh cina pada pihak kejaksaan Dugaan pungli tersebut dilakukan oleh Azrianto dengan memotong BLT (Bantuan Langsung Tunai) tahun anggaran 2021 terhadap 10 KK penerima BLT.

Sebuah harapan kini disematkan pada Aparat Penegak Hukum (APH) untuk memberi efek jera pada pelaku tindakan pungli. Penindakan tegas akan bisa membuat para pelaku lain yang berniat pungli bisa berpikir seribu kali sebelum berbuat.

Untuk mengetahui perkembangan laporan masyarakat tersebut awak media mencoba mengkonfirmasi hal tersebut pada pihak Kejaksaan Negeri Bangkinang Rabu (19/10/2022) sekira pukul 14:00 wib. Dari informasi yang diterima media dari pihak Kejari Bangkinang masih menunggu hasil audit Inspektora Nantinya hasil audit tersebut akan jadi acuan Kejari Bangkinang dalam bertindak.

“Laporan pemotongan dan penggunaan dana bumdes oleh Kades Buluh Cina telah diterima Kejari Bangkinan,Saat ini laporan tersebut dilimpahkan pada Inspektorat untuk dilakukan audit keuangan desa Buluh Cina.Kejaksaan masih menunggu hasil audit tersebut”.

“Jika nanti dari hasil audit inspektorat ditemukan adanya penyimpangan maka bidang intelejen akan bergerak untuk memastikan penegakan hukum,Pihak Kejaksaan tidak akan mentolerir segala bentuk pungli,ini adalah sesuai arahan dari Kejagung Dimana pungli adalah sebuah kejahatan yang harus diberantas dan memberikan efek jera bagi pelaku”.

“Pihak kejaksaan sangat berterima kasih pada masyarakat yang peduli dan mau melaporkan setiap bentuk penyimpangan.Hanya saja saat ini diharapkan sedikit bersabar hingga hasil audit keluar.”

Dari keterangan yang diperoleh awak media di Kejaksaan Negeri Bangkinang membuat awak media bersama tokoh masyarakat buluh mencoba menggali informasi akan sejauh mana kinerja yang telah dilakukan oleh Inspektorat sebagai lembaga pemeriksa internal dipemerintahan.Saat menyambangi kantor inspektorat awak media berhasil menemui salah seorang auditor di Inspektorat bernama Renol.

“Inspektorat telah menerima laporan tentang kepala desa Buluh Cina Azrianto.Saat ini tim auditor sedang melaksanakan pemeriksaan.Tim telah turun ke desa.Namun mengenai hasilnya perlu waktu dikarenakan keterbatasan anggota auditor.”

“Jika hasil telah keluar nanti akan disampaikan dan jika ada permasalahan hukum maka akan direkomendasikan pada alat penegak hukum untuk melaksanakan proses lebih lanjut.Saat ini biarkan auditor bekerja dulu sampai keluar hasil tahap tiga agar memperoleh hasil maksimal.Inspektorat akan memberikan rekomendasi sesuai hasil temuan nantinya, ” tandas Renol.

Adanya penyimpangan yang dilakukan oleh Azrianto tidak bisa lepas dari tanggung jawab moril Bupati kampar.Hal ini karena Azrianto adalah perpanjangan tangan dari bupati pada tingkat desa.Untuk itu awak media mencoba menggali sejauh mana sikap yang akan diambil oleh pihak kabupaten dalam menyikapi kelakuan dari perangkat desa.

Melalui sambungan seluler asisten 1 bidang pemerintahan kabupaten kampar Yulizar menjelaskan pada media bahwa akan melakukan klarifikasi persolan ini pada Dinas BPMPD. Yulisar akan memanggil dinas BPMPD pada hari Kamis.

“Maaf hari ini saya belum bisa memberikan klarifikasi secara langsung karena ada keluarga yang kemalangan.Kalau memang ingin klarifikasi langsung bisa datang pada kamis.”.

“Saat ini pihak kabupaten sedang menggali informasi seputar pemotongan dana BLT tersebut.Untuk itu rencananya pada hari Kamis akan diadakan pertemuan dengan dinas BPMPD.Dari hasil nanti akan ditentukan sikap dari pemerintah kabupaten kampar terhadap masalah tersebut.Jadi mohon bersabar, ” ujar Yulizar.

“Pemda Kampar sangat berterima kasih pada datuk rajolelo dan masyarakat Buluh Cina serta awak media yang mau ikut mengontrol setiap penyimpangan.Peran serta seperti ini sangat dibutuhkan demi kemajuan pembangunan dan memberantas setiap penyimapangan.Pemda juga sangat berharap peran aktif masyarakat agar mau melaporkan jika ada keganjialan dan penyimpangan dari setiap penyelengara pemerintahan.”

“Saat ini laporan soal pemotongan BLT sedang dipelajari oleh Pemda Kampar.Pihak Pemda akan menyelesaikan masalah ini secara tuntas,cepat dan tepat.”

“Hasil pemeriksaan nanti akan menentukan kebijakan apa yang harus diambil oleh Pemda Kampar.Jika ada temuan penyimpangan dana negara maka Azrianto wajib mengembalikan uang tersebut ke kas negara melalui dinas terkait.Namun jika dalam pemeriksaan nanti juga ditemukan pelanggaran pidana maka hal tersebut akan diserahkan pada alat penegak hukum.Pemda Kampar tidak mentolerir dan melindungi siapapun yang melakukan pelanggaran pidana.Sebab setiap penyelenggara pemerintahan harus taat hukum dan menjalankan konsekwensi atas perbuatan yang dilakukannya”.

Sikap tegas Pemda Kampar sangat dinanti oleh masyarakat Buluh Cina saat ini.Mereka percaya bahwa Pemda Kampar akan menegakan aturan dan memberikan sanksi tegas pada setiap orang yang melakukan pelanggara, Siapa yang berani berbuat harus berani bertanggung jawab.*

Sumber : Lintaskriminal.com (https://lintaskriminal.co.id/10440/kajari-tunggu-audit-inspektorat-untuk-tindaklanjuti-kasus-kades-buluh-cina.html)





 
Berita Lainnya :
  • Sebanyak 145 Calon Lulus Verifikasi Rikmin Panitia Pembantu Penerimaan Bintara Gelombang II TA 2024 Polres Sergai
  • Lapas Tebing Tinggi Ziarah Taman Makam Pahlawan Sambut Peringatan HBP Ke-60 Tahun 2024.
  • SK Bupati Tanjung Jabung Barat Digugat Di PT. TUN Jambi Oleh Kelompok Tani Imam Hasan
  • Ketua KNPI Riau Apresiasi Pemkab Kampar, Larshen Yunus: Jangan Hanya HP, Anggarkan Juga Untuk Beli Kolor Para Pegawai
  • POLDA RIAU TERKESAN TEBANG PILIH DALAM PENINDAKAN HUKUM
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Sebanyak 145 Calon Lulus Verifikasi Rikmin Panitia Pembantu Penerimaan Bintara Gelombang II TA 2024 Polres Sergai
    02 Lapas Tebing Tinggi Ziarah Taman Makam Pahlawan Sambut Peringatan HBP Ke-60 Tahun 2024.
    03 SK Bupati Tanjung Jabung Barat Digugat Di PT. TUN Jambi Oleh Kelompok Tani Imam Hasan
    04 Ketua KNPI Riau Apresiasi Pemkab Kampar, Larshen Yunus: Jangan Hanya HP, Anggarkan Juga Untuk Beli Kolor Para Pegawai
    05 POLDA RIAU TERKESAN TEBANG PILIH DALAM PENINDAKAN HUKUM
    06 Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Mengikuti Kegiatan Musrenbang Kejaksaan RI Tahun 2024 Secara Virtual
    07 Gedung SDN 08 Seperti Kandang Hewan, Rion Ajukan Permohonan Informasi Ke PPID Utama Pemko Bukittinggi
    08 WAKAJATI RIAU HADIRI UPACARA PERINGATAN HARI OTONOMI DAERAH XXVIII TAHUN 2024
    09 Tim Mata Elang Polres Kuansing Ungkap Kasus Pengedar Narkotika Shabu: Tersangka Ditangkap di Desa Geringging Jaya
    10 20 Butir Diduga Narkoba Jenis Ekstasi Dengan Berat Brutto 5,63 Gram Berhasil Diamankan Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Sergai Dari Tangan Pelaku
    11 Penjabat Walikota Tebing Tinggi Sampaikan Nota Pengantar LKPJ TA 2023
    12 Formapera Soroti Praktik Transaksional Di Balik Penunjukan Pj Kepala Daerah Se-Indonesia
    13 Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis melalui Program Geographical Indication Goes to Marketplace
    14
    15 KAJATI RIAU TERIMA KUNJUNGAN SESPIM LEMDIKLAT POLRI
    16 Kejati DKI Jakarta Lakukan Penahanan Terhadap Tersangka Dugaan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengelolaan Dana Pensiun Bukit Asam Tahun 2013 s/d 2018
    17 Barita Simanjuntak di era JA Burhanuddin Kejaksaan Berhasil Menjaga Lembaga Penegak Hukum Paling dipercaya Public
    18 Dalam Rangka Memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke-60, Lapas Narkotika Rumbai Sukses gelar Kegiatan Pemasyarakatan Sehat
    19 Presiden Joko Widodo Bersama Rombongan Bertolak ke Gorontalo
    20 Asisten Pengawasan Kejaksaan Tinggi Riau Penerima Apel Kerja Pagi
    21 Halal Bihalal LSM BIDIKRI, Meningkatkan Uhkuah Organisasi dan Persatuan diMomen 1 Syawal 1445 H
    22 Tim Satgas SIRI Berhasil Mengamankan Buronan (DPO) Selama 7 Tahun Perkara Perpajakan Atas Nama Terpidana CHRISTIAN TJONG
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik