Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Dukung Program Bupati Rohil
Kadiskominfotik Akan Wujudkan Mimpi Masyarakat Nikmati Internet Murah di Semua Kepenghuluan
Kamis, 19-01-2023 - 09:57:20 WIB
TERKAIT:
   
 

Rohil, OPSINEWS.COM-Di zaman modern dan serba digitalisasi saat ini, internet seolah menjadi kebutuhan primer manusia karena memenuhi hampir seluruh ruang kehidupan. Mulai dari hal yang paling sederhana hingga hal yang cukup rumit semua dapat dikendalikan dan dikerjakan dengan bantuan internet.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi seperti Internet saat ini sangat bermanfaat baik dalam menunjang kinerja sistem informasi maupun dalam berbagai hal lainnya bagi masyarakat.

Dengan adanya jaringan internet, masyarakat dapat mencari berbagai informasi baik di bidang pemerintahan, pertanian, peternakan dan lainnya dengan lebih cepat.

Untuk Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sendiri, masih banyak wilayah yang sulit untuk mendapatkan internet karena keterbatasan peyediaan dari beberapa penyedia jaringan telekomunikasi dan menjadi salah satu keluhan ditengah-tengah masyarakat. Selain disebagian wilayah masih minim, harga internet juga masih tergolong tinggi bagi kebanyakan masyarakat.

Melihat kondisi tersebut, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP dengan cepat tanggap merespon keluhan masyarakatnya. Melalui Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) dibawah pimpinan Indra Gunawan SE MH bersama Kadis PMD Yandra S.I.P M. Si beberapa waktu lalu mencoba melobi salah satu penyedia provider ber plat merah dan lobi tersebut membuahkan hasil.

Kadiskominfotik Rohil Indra Gunawan SE MH saat ditemui, Selasa (17/1/2023) menyebutkan, Pemda Rohil melalui Diskominfotiks akan segera membuka akses internet murah dan cepat bagi masyarakat di Desa-desa/kepenghuluan.

"Alhamdulillah kita sudah berhasil menggandeng salah satu provider plat merah. Ini merupakan inisiatif pak Bupati untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses internet. Sehingga, informasi mudah didapatkan," kata Indra.

Indra Gunawan memaparkan, untuk uji coba internet murah dan cepat tersebut pada tahap awal akan dilaksanakan di tiga wilayah kepenghuluan. Dimana, tiga wilayah yang dimaksud yakni, Bangko Pusako, Ujung Tanjung dan Bagan Batu.

"Bagi masyarakat yang mau hanya dikenakan Rp 140 ribu per bulannya dengan kecepatan internet 10 Mbps. Ini betul-betul untuk membantu masyarakat, " terangnya.

Jaringan Internet itu kata Indra, nantinya akan disalurkan melalui jaringan kabel optik. Dimana, pemasangan dan peralatan nya secara keseluruhan gratis dan hanya membayar biaya bulanan.

"Sebelumnya kita sudah melaksanakan survey bersama pihak provider dan dalam waktu dekat akan kita jalankan. Sebelum pemasangan kita terlebih dahulu akan melaksanakan sosialisasi terhadap masyarakat dan pihak kepenghuluan, " paparnya.

Indra Gunawan juga menegaskan bahwa, dalam kerjasama dengan pihak provider salah satu plat merah itu, Pemda Rohil tidak mengeluarkan anggaran dari APBD dan murni investasi dari pihak provider.

"Tiga wilayah percobaan awal tersebut telah dipasang infrastruktur seperti Jaringan backbone dan OLT pada tiang-tiang listrik milik PT PLN," jelasnya.

Sementara untuk pengelolaan internet murah itu sendiri nantinya akan di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) masing-masing wilayah mulai dari pemasangan hingga pembayaran.

"Jadi nantinya BUMDes bisa memiliki penghasilan. Kita juga sudah melakukan studi banding kewilayah yang sukses menyelenggarakan program tersebut seperti Kabupaten Kediri Jawa Timur dan Sukabumi Jawa Barat, " katanya.

Pengadaan jaringan internet murah dan cepat ini jelas Indra, juga akan membuka lapangan pekerjaan baru di desa. Mulai dari tenaga administrasi, operator, marketing maupun maintenance jaringan.

"Karena murni pengelolaan dijalankan oleh BUMDes. Sementara pihak provider berinvestasi untuk membuka akses dan infrastrukturnya. Pihak BUMDes juga akan mendapatkan pemasukan dari pola marketing dan pemeliharaan jaringan. Jdi jaringan internet mereka pelihara sendiri, tanggungjawab sendiri agar terus berjalan lancar," terangnya.

Jika program ini berhasil, maka predikat desa digital di kabupaten Rohil akan segera terwujud. Dimana sebutnya, desa digital ini adalah program kementrian desa dan disuport oleh kementrian Kominfo.

"Jadi dalam program internet murah dan cepat di desa ini kita juga bekerjasama dengan Dinas PMD untuk mewujudkan desa digital, desa digital adalah program kementrian desa dan disuport oleh kementrian kominfo," kata Indra.

Apalagi sebut Indra, investasi dalam membuka akses internet di Kabupaten Rohil dengan topografi wilayah yang sangat beragam bukanlah jumlah yang sedikit. Sehingga, Ia mengajak seluruh lapisan agar bersama mendukung program internet murah tersebut.

"Pak bupati juga menginginkan agar seluruh sekolah-sekolah dan puskesmas di wilayah pelosok desa ditargetkan dapat terhubung seluruhnya pada akhir tahun 2024. Mari bersama-sama kita sukseskan program internet murah ini demi peningkatan akses informasi maupun aktifitas perekonomian masyarakat pedesaan," ajaknya.

Sebab tambah Indra, dengan internet pasar produk desa yang biasanya terbatas secara geografi, bisa menembus batas hingga ke seluruh dunia. Internet juga dapat menjadikan birokrasi dan transparansi pemerintah desa menjadi lebih baik, dengan tersedianya sarana grup media sosial maupun forum warga berbasis internet.

"Banyak hal lain di desa yang mungkin berkembang, desa bisa menjadi sumber dan akses ekonomi yang sangat besar, kreativitas warga akan lebih terasah, pendidikan yang lebih baik yang pada akhirnya dapat menggali potensi desa lebih maksimal," pungkasny
Sumber/ Diskominfo.
Red**




 
Berita Lainnya :
  • Polsek Tambang Tangkap Dua Pelaku Penyalagunaan BBM Bersubsidi Jenis Solar Saat Bereaksi
  • Bea Cukai Pekanbaru dan Masyarakat Hampir Terjadi Adu Fisik di Duga Saling Menjarah Rokok Ilegal
  • Maria Korban Mafia Tanah Minta Perlindungan Polri
  • Kapolres AKBP Dr. Ali Machfud SIK Menyambut Audensi KPU Sergai
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01
    02 Polsek Tambang Tangkap Dua Pelaku Penyalagunaan BBM Bersubsidi Jenis Solar Saat Bereaksi
    03 Bea Cukai Pekanbaru dan Masyarakat Hampir Terjadi Adu Fisik di Duga Saling Menjarah Rokok Ilegal
    04 Maria Korban Mafia Tanah Minta Perlindungan Polri
    05 Kapolres AKBP Dr. Ali Machfud SIK Menyambut Audensi KPU Sergai
    06 Zaki Kasad Satpol PP Kampar Buka Stiker Penyegelan Tanpa Izin Akan Dipidana
    07 Satu Semalam 5 Pelaku Narkoba di Ringkus Polsek Tambang
    08 Bupati Rohil Afrizal Sintong Resmikan RS Awal Bros di Bagan Batu
    09 Ketua DPD GRANAT Riau Acungkan Jempol kepada Polda Riau ungkap Peredaran Gelap Narkotika
    10 Polsek Tapung Hulu Tangkap Seorang Pria Diduga Pengedar Sabu
    11 Dinkes Kampar Berhasil Ciptakan Aplikasi Elektronik Jaring Pengaman Stunting
    12 Polsek Kotarih Sergai Gelar Bakti Sosial Dengan Memberikan Bantuan Sembako Pada Warga Kurang Mampu
    13 Plang Penyegelan Dipasang Tim Yustisi Kampar Di warung - remang Tidak Terlihat Lagi
    14 Mantan Residivis Minta Diaktifkan Jadi RT di Rimbo Panjang
    15 Atlit Silat Dari Berbagai Perguruan Yang Ada Di Kota Jambi Sudah Mulai Latihan
    16 Pencanangan ZI Menuju WBK dan WBBM Lapas Tebing Tinggi, Kalapas : Jangan Sekedar Seremonial
    17 Perdana Carnaval Alutsista Ramaikan Rangkaian Acara Peringatan Hari Jadi Kabuoaten Kampar ke-73
    18 Gubsu Edy Rahmayadi Gencarkan Publikasi dan Sosialisasi Perhelatan Kepada Masyarakat
    19 Rekrutmen PPS di KPU Sergai Dinilai Hanya Formalitas Belaka
    20 Polres Sergai Berikan Bantuan Kepada Masyarakat Kurang Mampu di Kecamatan Teluk Mengkudu
    21 KPU Sergai di Tuding Curang dalam Rekrutmen Seleksi PPK dan PPS Kecamatan Sei Bamban
    22 Semua Suku dan Agama Yang Ada di Kabupaten Rohil Saling Mendukung dan Bersatu
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik