Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Pj Bupati Kampar Ekspor 2 Ton Abon Ikan Patin Ke Malaysia.
Rabu, 11-01-2023 - 20:33:46 WIB
TERKAIT:
   
 

Bangkinang Kota, Kampar. OPSINEWS.COMMenindak lanjuti hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kampar dengan Business Strategi Profesional (BSP) Malaysia, untuk itu Pemkab Kampar hari ini langsung ekspor perdana Produk UMKM Perikanan Abon Ikan Patin ke Malaysia.

Untuk saat ini, kita langsung ekspor perdana sebanyak 2 ton Abon ikan patin ke Malaysia, yang mana BSP Malaysia inginkan ekspor abon ikan patin sebanyak 38 ton perbulan, untuk ekspor selanjutnya kita akan usahakan ekspor abon ikan patin sesuai dengan permintaan BSP malaysia tersebut.

Demikian dikatakan Pj Bupati Kampar saat ekspose rangkaian kerja Bupati Kampar tahin 2022

Sekaligus Pelepasan ekspor perdana produk abon ikan patin ke malaysia yang di laksanakan di Balai Rumah Dinas Bupati Kampar, Rabu (11/1/2023).

Hadir pada kegiatan ini diantaranya Staf Ahli Bupati Kampar, Asisten Bupati, Para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, Camat se Kabupaten Kampar.

Selain itu juga Hadir Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau Maria Cahyaningtyas, Ketua APINDO Kabupaten Kampar Muhammad Amin, S.Ag, Perwakilan Ninik Mamak Kabupaten Kampar, Para Pimpinan BUMN/BUMD yang ada di Wilayah Kabupaten Kampar, dan Perwakilan PT. Pertamina Hulu Rokan Winda Damilia serta Direktur PT. Delta Mina Perkasa (Fillet Patin Kampar) Yusuf Ramli.

Dalam sambutannya yang sekaligus Ekpos Rangkaian Kegiatan Pj. Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, MM terlebih dahulu memaparkan Optimalisasi Potensi Utama Daerah terkait Pengoptimalisasian UMKM, yang mana Pemerintah Kabupaten Kampar bersama Bank Indonesia (BI) telah mengucurkan dana sebesar 1.5 Trilliun dan sudah tercatat sebanyak 18.700 debitur di Kabupaten Kampar per Bulan Oktober s/d November 2022, dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat yang ditengah-tengah masyarakat lebih dikenal dengan KUR untuk pengembangan usaha bagi masyarakat diberbagai sektor usaha baik besar, menengah maupun kecil.

Selanjutnya terkait pertanian, seperti yang diketahui bersama bahwa Kabupaten Kampar sukses dengan Intensifikasi Padi Aerob Berbasis Organik (IPAD-BO) dan hasil-hasil pertanian lainnya yang tidak kalah unggul. Kemudian yang ketiga Pariwisata yang mana Pemerintah Kabupaten Kampar tengah mengupayakan menuju pada The Beuty Of Kampar dan keempat adalah bidang Perikanan yang saat ini sedang fokus pada pengelolaan ikan patin diolah menjadi Abon ikan Patin (fish floss) yang akan diekpor ke Malaysia.

Ekpor Abon Ikan Patin ini berawal dari penandatanganan kerjasama antara BSP Axon Consultancy SDN BHD Malaysia dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar berupa Letter Of Intent (LOI) tentang Kerjasama Bidang Pengembangan UMKM Sektor Industri Makanan dan Pariwisata Kabupaten Kampar. Ini semua terangkum pada Pengembangan Lingkungan Hidup Ekonomi Kreatif.

Dalam paparannya Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM juga mengatakan tentang negara yang akan direncakan menjadi tujuan Ekspor Abon Patin " selain Malaysia, kita nantinya juga akan merencanakan akan mengembangkan Ekpor Abon ikan Patin ini ke negara-negara lainnya yaitu negara-negara yang ada di Asia Tenggara, Singapore,Thailand dan lainnya namun kali ini kita ke Malaysia saja dulu" ujar beliau.

Kemudian Kamsol juga menjelaskan kembali apa yang telah juga dipaparkan sebelumnya oleh Ketua APINDO Kabupaten Kampar M.AMIN. SAg, bahwa ada beberapa UMKM yang masuk pada daftar untuk dikembangkan dan dipasarkan ke Luar Negeri, seperti Nenas (utama pembuatan Selai), Patin dan Madu. Namun pada Ekpos di Malaysia pada tanggal 12 September 2022 yang lalu oleh BSP Axon Consultancy SDN BHD Malaysia, menjelaskan bahwa untuk saat ini tang siap untuk diedarkan di pangsa pasar luar negeri adalah Ikan Patin dalam bentuk Abon Ikan Patin (fish floss).

Selain itu Pj. Bupati Kampar pada Ekpos ini juga menyampaikan selain Lingkungan Hidup Ekonomi Kreatif, potensi utama daerah juga ada di Infrastruktur yang meliputi Peningkatan Kwalitas Pendidikan, Peningkatan Kwalitas Kesehatan (fokus pada penanggulangan Stunting), Penghapusan Kemiskinan ektrim dan Desa Ekowisata Ramah Anak Pedili Perempuan dan Pendidikan (DERAPPP). Mengenai hal pendidikan pada DERAPPP beliau mengatakan " bahwa Kepala Desalah yang berkewajiban mewujudkan Zero Putus Sekolah pada anak usia sekolah di desa masing2" kata beliau mengakhiri Ekposenya.

Diakhir Kegiatan Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM Secara resmi melakukan Pelepasan Ekspor Perdana Produk UMKM Perikanan Abon Ikan Patin ke Malaysia yang ditandai dengan Penyerahan Secara Simbolis Abon Ikan Patin Kabupaten Kampar kepada Perwakilan PT. PERTAMINA HULU ROKAN, dan dilanjutkan foto bersama dengan para undangan.

Yg** (Diskominfo)

Editor, Red.




 
Berita Lainnya :
  • Polsek Tambang Tangkap Dua Pelaku Penyalagunaan BBM Bersubsidi Jenis Solar Saat Bereaksi
  • Bea Cukai Pekanbaru dan Masyarakat Hampir Terjadi Adu Fisik di Duga Saling Menjarah Rokok Ilegal
  • Maria Korban Mafia Tanah Minta Perlindungan Polri
  • Kapolres AKBP Dr. Ali Machfud SIK Menyambut Audensi KPU Sergai
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01
    02 Polsek Tambang Tangkap Dua Pelaku Penyalagunaan BBM Bersubsidi Jenis Solar Saat Bereaksi
    03 Bea Cukai Pekanbaru dan Masyarakat Hampir Terjadi Adu Fisik di Duga Saling Menjarah Rokok Ilegal
    04 Maria Korban Mafia Tanah Minta Perlindungan Polri
    05 Kapolres AKBP Dr. Ali Machfud SIK Menyambut Audensi KPU Sergai
    06 Zaki Kasad Satpol PP Kampar Buka Stiker Penyegelan Tanpa Izin Akan Dipidana
    07 Satu Semalam 5 Pelaku Narkoba di Ringkus Polsek Tambang
    08 Bupati Rohil Afrizal Sintong Resmikan RS Awal Bros di Bagan Batu
    09 Ketua DPD GRANAT Riau Acungkan Jempol kepada Polda Riau ungkap Peredaran Gelap Narkotika
    10 Polsek Tapung Hulu Tangkap Seorang Pria Diduga Pengedar Sabu
    11 Dinkes Kampar Berhasil Ciptakan Aplikasi Elektronik Jaring Pengaman Stunting
    12 Polsek Kotarih Sergai Gelar Bakti Sosial Dengan Memberikan Bantuan Sembako Pada Warga Kurang Mampu
    13 Plang Penyegelan Dipasang Tim Yustisi Kampar Di warung - remang Tidak Terlihat Lagi
    14 Mantan Residivis Minta Diaktifkan Jadi RT di Rimbo Panjang
    15 Atlit Silat Dari Berbagai Perguruan Yang Ada Di Kota Jambi Sudah Mulai Latihan
    16 Pencanangan ZI Menuju WBK dan WBBM Lapas Tebing Tinggi, Kalapas : Jangan Sekedar Seremonial
    17 Perdana Carnaval Alutsista Ramaikan Rangkaian Acara Peringatan Hari Jadi Kabuoaten Kampar ke-73
    18 Gubsu Edy Rahmayadi Gencarkan Publikasi dan Sosialisasi Perhelatan Kepada Masyarakat
    19 Rekrutmen PPS di KPU Sergai Dinilai Hanya Formalitas Belaka
    20 Polres Sergai Berikan Bantuan Kepada Masyarakat Kurang Mampu di Kecamatan Teluk Mengkudu
    21 KPU Sergai di Tuding Curang dalam Rekrutmen Seleksi PPK dan PPS Kecamatan Sei Bamban
    22 Semua Suku dan Agama Yang Ada di Kabupaten Rohil Saling Mendukung dan Bersatu
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik