Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Sekda Kampar Buka FGD Sosialisasi Pemanfaatan Gas Bumi Desa Pangkalan Baru
Rabu, 09-06-2021 - 10:20:15 WIB
dok
TERKAIT:
   
 

KAMPAR | OPSINEWS.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kampar Ir Suhermi membuka Focus Group Discussion (FGD) Sosialisasi Pemanfaatan Gas Bumi (Bentu II) di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu di ruang rapat lantai III Kantor Bupati Kampar. Selasa, (8/6/21)

Sekda Kampar mengatakan gas mungkin salah satu solusi jika besok minyak mulai berkurang, bahkan pemerintah daerah sudah mengarahkan, dan Pemerintah Daerah terus lakukan gerak cepat dalam mewujudkan pemanfaatan gas bumi untuk membantu masyarakat Kampar khususnya Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu.

“Sudah banyak yang kita lakukan, ini bentuk keseriusan pemerintah Kabupaten Kampar karena kami memandang gas ini sama dengan air yang juga merupakan kebutuhan, walaupun kadang merugi, namun sosialnya cukup tinggi karena semua masyarakat butuh, begitu juga gas tetapi jika kita pandang dengan kepentingan masyarakat kita beruntung, masyarakat beruntung jadi tidak sisi ekonomi saja yang kita pandang.”ujar Yusri.

Sekda Kampar meminta dukungan dari SKK Migas sebab sisi sosial dan ekonomi sangat baik, karena melihat dari kebutuhan masyarakat maka kita akan berusaha untuk mewujudkan sumber energi gas bagi masyarakat.

“Ini mimpi kami, yang harus kami wujudkan maka upaya-upaya untuk mengadakan sumber energi gas tersebut kami siapkan.”kata Yusri

Sekda Kampar memaparkan, upaya-upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kampar diantaranya, beberapa berkoordinasi dengan kementerian ESDM di Jakarta untuk percepatan pembangunan infrastruktur jaringan gas baik itu bentu I dan II, kemudian berkoordinasi dengan Dinas ESDM Provinsi Riau untuk kebijakan pembangunan infrastuktur jaringan gas, serta berkoordinasi dengan LM Bentu I dan II yang siap untuk mendukung pembangunan jaringan gas di Kabupaten Kampar.

“Tinggal komitmen pemerintah pusat yang belum tercipta.”tutur Yusri

Kemudian lanjut Sekda Kampar, pemerintah daerah sudah mendata semua masyarakat penerima gas lebih kurang 13.000 jiwa tahap pertama di Kecamatan Siak hulu yang menunggu jaringan gas ini, diluar perusahaan dan industri kecil dan menengah.

Sekda Kampar mengatakan inilah yang perlu kita diskusikan bersama, komitmen apa yang diinginkan pemerintah pusat, mana yang menjadi tanggungjawab pemerintah pusat dan mana yang menjadi tanggungjawab kita (Pemerintah Kabupaten Kampar.

Selanjutnya dalam pemaparan dalam mensosialisasi pemanfaatan gas bumi, Kepala Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas yang diwakili Manejer Humas SKK Sumbagut ( Sumatera Bagian Utara) Yanin Holison mengatakan bahwa, Pemerintah saat ini sudah berkomitmen dalam memberikan akses energi yang lebih mudah, murah dan ramah lingkungan untuk masyarakat. Salah satunya dengan membangun jaringan gas bumi untuk rumah tangga di berbagai wilayah.

Yanin Holison juga memaparkan keunggulan menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar rumah tangga. Dia menyebutkan, gas bumi merupakan bahan bakar yang bisa digunakan secara terus-menerus oleh masyarakat, sebab tidak terbatas tempat penyimpanan seperti Liqufied Petroleum Gas (LPG).

Keunggulan berikutnya adalah gas bumi ini selain harganya lebih murah dan akan selalu ada sehingga masyarakat yang menggunakan akan jauh lebih hemat.

Sebelum ketua pelaksana kegiatan ini yang juga selaku kepala Bagian SDA Setda Kampar Safaruddin mengatakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah terselenggaranya program Pemerintah untuk pembangunan infrastuktur jaringan gas di Kecamatan Siak Hulu.

Seterusnya, diharapkan perusahaan, rumah tangga, usaha kecil dan mikro dapat memanfaatkan fasilitas bumi yang ada di sumur bentuk II dan mendukung program pemerintah dalam melestarikan gas bumi.

Hadir pada acara tersebut Kepala Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas yang diwakili Manejer Humas SKK Sumbagut Yanin Holison, Spesialis Pratama Keuangan monetisasi SKK Migas Wahyu kristianto, Spesialis monetisasi gas pipa SKK Migas Dikky Sucipto, Camat Siak Hulu Muhammad Fajri,serta beberapa Kepala perusahaan yang bergerak di bidang migas.(Diskominfo Kampar)




 
Berita Lainnya :
  • Danrem 031/WB Hadiri Peringati HUT Kemala Bhayangkari ke-44 Polda Riau
  • Bupati Kuansing Penjarakan Warganya Sendiri, Ketua KNPI Riau Bilang ini
  • Dusun Tiga Meraih Juara Umum MTQ ke-III di Desa Rimbo Panjang
  • Rintihan Pilu Seorang Wanita di Tapanuli Selatan Luka Lebam-lebam Diduga Dianiaya Suaminya Sendiri
  • SPBU Nomor 14.286.675 Minas Jadi 'Sarang' Mobil Langsir dan Tangki Modifikasi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Danrem 031/WB Hadiri Peringati HUT Kemala Bhayangkari ke-44 Polda Riau
    02 Bupati Kuansing Penjarakan Warganya Sendiri, Ketua KNPI Riau Bilang ini
    03 Dusun Tiga Meraih Juara Umum MTQ ke-III di Desa Rimbo Panjang
    04 Rintihan Pilu Seorang Wanita di Tapanuli Selatan Luka Lebam-lebam Diduga Dianiaya Suaminya Sendiri
    05 SPBU Nomor 14.286.675 Minas Jadi 'Sarang' Mobil Langsir dan Tangki Modifikasi
    06 Kapolsek AKP Tobat Sihombing Lakukan Patroli dan Monitoring Satkamling Desa Pematang Terang
    07 Kejati Riau Gelar Bazar dan Pasar Murah Ramadhan 1445 H
    08 Hari Terakhir, Polres Sergai Lakukan Operasi Keselamatan di Jalinsum Serdang Bedagai
    09 Keluarga Besar Polsek Siak Hulu Berbagi 50 Takjil Kepada Pengguna Jalan Raya Tertib Berlalu Lintas
    10 Memalukan Di duga Mirip Sekdakab Rohil Berpose Menjulurkan Lidah: Ketua KNPI Riau: Menjijikkan Pejabat Kok Seperti itu!
    11 Gercep Komisi Kejaksaan Respon Pengaduan
    12 Luar Biasa Tim Unit Intel Kodim 0301 PBR Gagalkan Peredaran Narkoba
    13 Sekdako Sampaikan Jawaban Pemerintah Terhadap Pandangan Umum Fraksi Terkait LKPJ 2023
    14 Kasus Persengketaan Lahan Syamsul Bahri Mengendap di Polda Riau Ada Apa?
    15 Bupati Rohil Sudah Melaporkan ke Tim Siber Polda Riau
    16 Polisi Yordania bentrok dengan pengunjuk rasa di dekat kedutaan Israel
    17 Marak Pelaku Usaha Ilegal BBM Solar Bersubsidi di Cikarang Barat
    18 TAUSIAH QOBLA DZUHUR YANG DISAMPAIKAN UST. DR. ZULKARNAIN UMAR, MSI
    19 Kadis DLHK Pekanbaru Tidak Pernah Menugaskan Yayasan Mengutip Uang Kebersihan di Pasar Panam
    20 Dit Intelkam Polda Riau Bersinergi Dengan KPU Rohil Untuk Pastikan Pelaksanaan Pentahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 Berjalan Dengan Aman Dan Kondusif
    21 Wabup Rohil Dampingi Safari Ramadhan Sekdaprov Riau di Masjid Al-Khairiyah Bagansiapiapi
    22 Waketum AMI & PJID-N Desak Pihak Kepolisian Ungkap Kasus Pembakaran Rumah Wartawan
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik