Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Polsek Perbaungan Amankan Dua Tersangka Penembak Polisi, Satu Diantaranya Residivis
Senin, 19-09-2022 - 20:06:42 WIB
Pelaku
TERKAIT:
   
 

SERDANG BEDAGAI, OPSINEWS,COM-Polres Serdang Bedagai merilis dua tersangka tindak pidana menggunakan senjata api rakitan dan amunisi dengan korbannya seorang anggota Polsek Perbaungan, Senin (19/9/ 2022) di Halaman Mako Polres Serdang Bedagai (Sergai) Polda Sumatera Utara (Sumut).

Kapolres Serdang Bedagai AKBP Dr Ali Machfud SIK, MIK mengungkapkan kedua tersangka Ade Efin Pratama Lubis alias Ade Firman (37) warga Gang Belimbing Lingkungan Manggis, Kel. Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan Kemudian rekannya, Riki Julianda alais Bojong (36) warga Dusun III Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Rotan, Kabupaten Deli Serdang.
Sedangkan korbannya, Aiptu Hairullah Damanik (45) warga Dusun I Desa Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai.

Dari peristiwa itu, Kapolres mengatakan barang bukti yang diamankan berupa satu pucuk senjata api menyerupai pistol bergagang kayu yang di dalamnya masih terdapat satu butir selongsong peluru, satu butir selongsong peluru dan satu butir peluru aktif yang digunakan tersangka Ade Firman.

Dijelaskan Kapolres, tersangka melakukan penembakan ke arah anggota Aiptu Chairullah Damanik yang akan melakukan penangkapan terhadapnya, Jumat (16/9/ 2022) sekira pukul 00.30 WIB di rumah milik Nurma Lina (Bibi tersangka) tepatnya di Dusun II Desa Citaman Jernih, Kecamatan Perbaungan

"Motif tersangka alat atau senjata api yang digunakan untuk menyelamatkan diri dari upaya pihak kepolisian Polsek Perbaungan yang melakukan terhadap tersangka," Jelas Kapolres.

Kasus ini berawal dari pengungkapan kasus dugaan tindak pidana penggelapan sepeda motor yang terjadi pada Jumat 22 Juli 2022 sekitar pukul 16.00 wib di Jalan Merak Dusun VI Desa Citaman Jernih, Kecamatan Perbaungan.

Selanjutnya, Kapolsek Perbaungan, AKP M Pandiangan memerintahkan Kanit Reskrim IPDA Zulfan Ahmadi dan Tim Opsnal melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang diketahui bernama Ade Edin Pratama Lubis alias Ade Firman.
Kemudian, Kanit Reskrim IPDA Zulfan Ahmadi bersama personel mendapatkan informasi keberadaan tersangka di TKP. Namun pada saat itu pintu rumah terkunci sehingga dengan didampingi Kadus II Desa Citaman Jernih, Ismail melakukan penggeledahan di rumah tersebut,
Sialnya pada saat Tim Opsnal Aiptu Chairullah Damanik dan Briptu Ricky S Ginting menggeledah di dalam kamar dan memeriksa ruang kontrol plafon (asbes) tersangka melakukan penembakan dan mengenai helm tactical Dinas Polri.
Sehingga mengalami luka pada bagian mata kiri, luka bakar berbentuk bintik bintik pada kening depan namun kondisinya masih normal.

Selanjutnya pelaku berhasil ditangkap dan mengamankan senjata api rakitan tersebut. Dari hasil pengembangan senjata api rakitan diperoleh dari Riki Julianda alias Bojong sekitar bulan Mei 2022.

Untuk tersangka Ade Firman, sebut Kapolres, merupakan residivis dan memiliki catatan LP di Polsek Perbaungan dalam kasus penggelapan sepeda motor sebanyak delapan kasus.

" Kedua tersanga dengan UURI Nomor 12 Tahun 1951 dan UU RI Nomor 8 Taun 1948 dengan ancaman 20 penjara," pungkas Kapolres.

Turut hadir, Kapolsek Perbaungan, AKP M Pandiangan, Kanit Reskrim IPDA Zulfan Ahmadi, Kasi Humas Iptu Junaidi Arman dan personel Reskrim Polsek Perbaungan. (Rova)

Sumber : Humas Polres Sergai




 
Berita Lainnya :
  • Unit II Tipidkor Satreskrim Polres Tebing Tinggi Terus Dalami Dugaan Penyelewengan Bansos Beras Di Desa Pengggalangan Sergai
  • Danrem 031/WB Hadiri Peringati HUT Kemala Bhayangkari ke-44 Polda Riau
  • Bupati Kuansing Penjarakan Warganya Sendiri, Ketua KNPI Riau Bilang ini
  • Dusun Tiga Meraih Juara Umum MTQ ke-III di Desa Rimbo Panjang
  • Rintihan Pilu Seorang Wanita di Tapanuli Selatan Luka Lebam-lebam Diduga Dianiaya Suaminya Sendiri
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Unit II Tipidkor Satreskrim Polres Tebing Tinggi Terus Dalami Dugaan Penyelewengan Bansos Beras Di Desa Pengggalangan Sergai
    02 Danrem 031/WB Hadiri Peringati HUT Kemala Bhayangkari ke-44 Polda Riau
    03 Bupati Kuansing Penjarakan Warganya Sendiri, Ketua KNPI Riau Bilang ini
    04 Dusun Tiga Meraih Juara Umum MTQ ke-III di Desa Rimbo Panjang
    05 Rintihan Pilu Seorang Wanita di Tapanuli Selatan Luka Lebam-lebam Diduga Dianiaya Suaminya Sendiri
    06 SPBU Nomor 14.286.675 Minas Jadi 'Sarang' Mobil Langsir dan Tangki Modifikasi
    07 Kapolsek AKP Tobat Sihombing Lakukan Patroli dan Monitoring Satkamling Desa Pematang Terang
    08 Kejati Riau Gelar Bazar dan Pasar Murah Ramadhan 1445 H
    09 Hari Terakhir, Polres Sergai Lakukan Operasi Keselamatan di Jalinsum Serdang Bedagai
    10 Keluarga Besar Polsek Siak Hulu Berbagi 50 Takjil Kepada Pengguna Jalan Raya Tertib Berlalu Lintas
    11 Memalukan Di duga Mirip Sekdakab Rohil Berpose Menjulurkan Lidah: Ketua KNPI Riau: Menjijikkan Pejabat Kok Seperti itu!
    12 Gercep Komisi Kejaksaan Respon Pengaduan
    13 Luar Biasa Tim Unit Intel Kodim 0301 PBR Gagalkan Peredaran Narkoba
    14 Sekdako Sampaikan Jawaban Pemerintah Terhadap Pandangan Umum Fraksi Terkait LKPJ 2023
    15 Kasus Persengketaan Lahan Syamsul Bahri Mengendap di Polda Riau Ada Apa?
    16 Bupati Rohil Sudah Melaporkan ke Tim Siber Polda Riau
    17 Polisi Yordania bentrok dengan pengunjuk rasa di dekat kedutaan Israel
    18 Marak Pelaku Usaha Ilegal BBM Solar Bersubsidi di Cikarang Barat
    19 TAUSIAH QOBLA DZUHUR YANG DISAMPAIKAN UST. DR. ZULKARNAIN UMAR, MSI
    20 Kadis DLHK Pekanbaru Tidak Pernah Menugaskan Yayasan Mengutip Uang Kebersihan di Pasar Panam
    21 Dit Intelkam Polda Riau Bersinergi Dengan KPU Rohil Untuk Pastikan Pelaksanaan Pentahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 Berjalan Dengan Aman Dan Kondusif
    22 Wabup Rohil Dampingi Safari Ramadhan Sekdaprov Riau di Masjid Al-Khairiyah Bagansiapiapi
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik