Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Plt. Kadis Kominfo Ilyas Buka Workshop SPS Diharapkan Dapat Wujudkan Kemerdekaan Pers di Sumut
Sabtu, 17-09-2022 - 19:07:27 WIB
TERKAIT:
   
 

Medan,  OPSINEWS,COM-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) H. Edy Rahmayadi mengatakan bahwa kegiatan Workshop Standarisasi Media Cetak ini merupakan bentuk dari semangat media cetak untuk terus memperbaiki diri, tumbuh dan berkembang menjadi semakin profesional dan dicintai pembacanya.

Dengan demikian diharapkan dapat mewujudkan kemerdekaan Pers di Sumatera Utara, Pers yang bebas tapi tetap bertanggung jawab, mengedepankan kepentingan publik dan mematuhi ketentuan hukum yang berlaku. Oleh karenanya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat mengapresiasi dan mendukung digelarnya Workshop ini

Hal tersebut disampaikan Gubernur yang diwakili oleh Plt. Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus saat memberikan sambutan sekaligus membuka Workshop Sosialisasi Sertifikasi Media Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Sumatera Utara bertempat di Ball Room LePolonia Hotel & Convention Jl. Jenderal Sudirman No 14-18 Madras Hulu Kec. Medan Polonia - Medan, Sabtu 18/09/22.

Lebih lanjut Mantan Kadisdik Kab. Batu Bara ini mengatakan Pers berperan penting menjadi pilar demokrasi negara, karena pers hadir untuk menyuguhkan informasi dan memberi ruang kepada publik serta senantiasa mengutamakan kepentingan publik. Sehingga Pers disebut sebagai kekuatan keempat dan menjadi pembanding kekuatan demokrasi lain seperti eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Ilyas yang juga mantan Kepala Biro Humas Keprotokolan Setdaprovsu ini mengingatkan bahwa seiring perkembangan era keterbukaan dan semakin canggihnya teknologi, mengakibatkan masyarakat saat ini, tidak hanya menerima informasi dari pers, tetapi juga dari beragam platform media. Bahkan masyarakat tidak hanya menerima tapi juga memproduksi beragam informasi melalui media sosial.

Sehingga menurutnya kondisi tersebut menjadi tantangan bagi pers untuk bisa melakukan tranformasi dari model konten jurnalistik yang konvensional menjadi modern. Transformasi ini diharapkan tidak menghilangkan peran pers sebagai salah satu pilar demokrasi bangsa.

Pers tetap diharapkan dapat menjadi tumpuan masyarakat dalam memperoleh informasi alternatif yang dapat dipercaya oleh karenanya media cetak harus mampu bertransformasi, jika tidak ingin ditinggal pembaca dan tertinggal zaman.

Diakhir sambutannya Ilyas juga mengingatkan bahwa saat ini kondisi bangsa kita membutuhkan kehadiran kita akibat kenaikan harga BBM akan berdampak secara umum termasuk inflasi, kenaikan harga, tarif angkutan dan lainnya. Pusat juga sudah berupaya dalam mengatasi inflasi ini baik melalui kebijakan fiskal, kebijakan moneter dan kebijakan non moneter dan non fiskal.Begitu juga Pemerintah Daerah salah satunya 3melakukan optimalisasi fungsi komunikasi dan informasi publik untuk mengawal masyarakat tetap tenang, tidak panik, ini butuh bantuan media baik cetak maupun elektronik.

Sebelumnya Ketua SPS Sumut H. Farianda Putra Sinik dalam sambutannya sangat berterimakasih kepada Pemprovsu yang sangat mendukung kegiatan SPS Sumut Tahun 2022 ini dengan wujud Bantuan Hibah dari APBD Sumatera Utara Tahun Anggaran 2022.

Dalam waktu dekat ini, SPS Sumut akan melakukan verifikasi apakah masih terbit atau tidak lagi dan ini sangat penting untuk kepastian Perusahaan Surat Kabar, ujar Farianda.

Masih dikatakan Farianda, akhir-akhir ini pemilik media cetak berperang dengan media social dan berita hoax, makanya SPS melakukan terobosan turun kesekolah-sekolah mengajak guru dan siswa untuk kembali meningkatkan minat baca bagi semua pelajar kita khususnya di Sumatera Utara.

Kita hidupkan dan terbitkan kembali semangat jurnalistik, kita hidupkan kembali semangat membaca sejak usia SD, SMP, SMA dan Masasiswa, ujarnya.

Farianda menyebutkan, SPS Sumut pada tanggal 22 September 2022 akan mendatangkan dan menggelas kampanye membaca bagi pelajar di Sumut dengan menghadirkan seribuan pelajar di Sumut bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jl. Jenderal Sudirman No. 41 medan, "Jelasnya

Turut hadir dalam kesempatan tersebut selain Plt. Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus, Sekjen SPS Pusat/Anggota Dewan Pers, Aswono Wikan, Penasehat SPS Cabang Sumut, M. Syahrir, Ketua SPS, Ketua PWI Cabang Sumut, Farianda Sinik, Ketua SMSI Sumut, Zulfikar Tanjung, Ketua JMSI Sumut, Ryanto Aghly/Anto Geng, Ketua Panitia Workshop, Agus S. Lubis serta Pengelola dan awak Media Cetak dan Elektronik. (Rova)

Sumber : Diskominfo Sumut




 
Berita Lainnya :
  • Alat Berat Proyek Bangunan Kantor Satpol Sergai Diduga Gunakan BBM Subsidi
  • Polsek Tampan Buru Pelaku Penelantaran Kucing Hingga Mati Membusuk
  • AKBP Dr Ali Machfud Serahkan Medali dan Dana Pembinaan Bagi Para Juara Kapolres Cup
  • Ada Apa Warung Remang-Remang di Siak Hulu Semakin Bertambah Yang Beroperasi
  • Pj Bupati Kampar Samakan Visi dan Semangat Dalam Membangun Kampar.
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Alat Berat Proyek Bangunan Kantor Satpol Sergai Diduga Gunakan BBM Subsidi
    02 Polsek Tampan Buru Pelaku Penelantaran Kucing Hingga Mati Membusuk
    03 AKBP Dr Ali Machfud Serahkan Medali dan Dana Pembinaan Bagi Para Juara Kapolres Cup
    04 Ada Apa Warung Remang-Remang di Siak Hulu Semakin Bertambah Yang Beroperasi
    05 Pj Bupati Kampar Samakan Visi dan Semangat Dalam Membangun Kampar.
    06 LAPORAN NOPRIANTO DUHA MASIH BERLANJUT PROSES SECARA HUKUM
    07 Wahyu Sekdis PUPR Sergai "Plinplan"
    08 Kades Malasori Sergai Ungkapkan DD 2022 Setor 100 Juta Kepada Camat Dolok Masihul
    09 Resnarkoba Polres Kampar Musnahkan Barang Bukti Sabu Seberat 1.245,27 Gram
    10 Polda Riau Musnahkan 243 Kg Sabu dan 405.527 Butir Ekstasi dari Jaringan Narkoba Internasional
    11 Resnarkoba Polres Kampar Musnahkan Barang Bukti Sabu Seberat 1.245,27 Gram
    12 Fraksi-Fraksi Sampaikan Pandangan, Pemda Kampar Langsung Berikan Jawaban.
    13 Polres Sergai Ajak Siswa Siswi Pahami Tata Tertib Lalu Lintas
    14 Polri : Bukti Komitmen Usut Tuntas Kasus Duren Tiga
    15 Kapolres Kampar Lakukan Pemeriksaan dan Pengecekan Ranmor R2 R4 dan R6 Dinas Polri
    16 Polsek Tambang Berhasil Meringkus Dua Orang Pelaku Narkoba
    17 Sekolah Dasar Swasta 026 Nurmadani di Lalap si jago Merah
    18 DI duga Camat Gunungsitoli Menghindar Saat Konfirmasi Di Kantornya
    19 Jokowi: Dunia Gelap 2023 Itu Nyata!
    20 Sri Mulyani Pakai 'Jarvis' Bak Iron Man, PNS Bakal Hilang?
    21 Rusia Ancam Nekat Pakai Nuklir, AS Merespon Dengan Tegas!
    22 SPBU No.14 284 606 Lubuk Sakat, Isi BBM Subsidi Ke mobil Truk Angkut Batu Bara
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik