Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Rektor UMI, Jadi Narasumber pada Rembuq Nasional dan RPPP ke-1 APTISI di Bali
Jumat, 01-07-2022 - 10:34:32 WIB
TERKAIT:
   
 

BALI, OPSINEWS.COM - Rektor Universitas Muslim Indonesia yang juga Ketua APTISI Wilayah IX A Sulawesi Selatan,  Prof. Dr. H Basri Modding,SE.,MSi, salah satu narasumber dalam RPPP 1, dengan sesi    Belajar Managemen Unggul  Untuk Kemajuan PTS dan Road Map Pendidikan Tinggi Bersama Rektor Univ. Mahasaraswati,Rektor UII Jogjakarta, Rektor Univ. Bina Nusantara  dan Rektor Univ. Tarumanagara.
Kehadiran Rektor UMI menghadiri    Rembuk Nasional sekaligus Rapat Pengurus Pusat Pleno (RPP) Ke-1 APTISI 2022 dengan tema Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045  “Digitalisasi Berbasis Blokchain, Tantangan Masa Depan dan Reformasi Pendidikan Tinggi yang berlangsung selama tiga hari, tanggal 1-3 Juli 2022 di Bali Nusa Dua Convention Centre, membawa rombongan Pengurus APTISI Wilayah IX-A Sulsel, kurang lebih 40 orang.


Ketua Umum APTISI, Dr. Budi Djatmiko dalam sambutannya ada tujuh permasalahan yang akan diretas dalam RPP APTISI di Bali selama  tiga hari ini. Masalah tersebut yakni keberadaan pembiayaan LAM yang sangat tinggi, Pajak bagi PTS,  Uji kompetensi pendidikan kesehatan, yang tidak sesuai UU pendidikan tinggi. Sulit dan lamanya perijinan prodi dan penggabungan PTS yang sudah bertahun-tahun, permasalahan ijin belajar dosen, dikotomi PTN/PTS serta resvisi UU sisdiknas yang tertutup dan digitalisasi kampus yang menantang. Selain itu, RPPP I ini juga bertujuan mendengarkan sharing best practice PTS terbaik  k Indonesia sehingga bisa membangun PTsehingga bisa membangun PT menjadi Unggul.  V
Selain itu, Pak Budi sapaan akrabnya mengatakan bahwa Segala permasalahan yang akan dibahas dalam Rembuk Nasional dan RPPP 1,  kita akan mencari solusi dan kita akan sampaikan kepada Presiden , Kemendikbud Ristek dan   Komisi X, ujarnya    Lanjut dikatakan,akan menjadikan tanggal 2 Juli 2022, sebagai  hari kebangkitan perguruan tinggi swasta.  


Merespon tantang digital, APTISI sudah membuah software, edufecta dan di acara ini juga APTISI akan memberikan  Hibah “SIM Digitalisasi Kampus” sebesar 5M tiap PTS dari Edufecta.  Hal ini bagian responsip  tantangan era 4.0, PTS harus mampu menjadi contoh, melahirkan anak bangsa yang cerdas siap bersaing era societ, 5.0 . APTISI akan mewadahi semua anggota untuk maju bersama,  menjadi  terdepan melakukan perubahan sebagai bagian adaftif merespon era distruption.


Dalam rembug nasional ini akan fokus membahas digitalisasi,  sebagai  respon era saat ini. Sistem konvensional, kata Budi, cukup mengganggu peningkatan mutu pendidikan tinggi Indonesia dan berbagai dampak lainnya.


Gubernur Bali, I wayan koster sebelum membuka acara mengatakan  bahwa perkembangan Pendidikan saat ini berbeda,  dulu saat ini dan ke depan. Karena itu menjadi tanggung jawab kita Bersama   yang memiliki komitmen terhadap kemanjuan Pendidikan nasional, maka pemerintah harus melibatkan partisipasi aktif APTISI sebagai organisai besar dan Pimpinan PTS  dlaam membahas berbagai kebijakan Pendidikan di Indonesia. PTS lebih banyak dari PTN, Pemerintah setiap membahas kebijakan terkait Pendidikan, harus banyak  APTISI sehingga kebijakan yang dihasilkan lebih akomodatif, berkualitas seuai tuntutan perkembangan zaman.“Saatnya ruang bagi APTISI untuk mendorong percepatan Pendidikan Indonesia lebih maju dan berkembang, adaftif sesuai era digitalisasi,ujarnya. si PTS seluruh Indonesia.


Sementara itu, ketua Panitia yang juga Ketua APTISI Wil XIV Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.pd melaporkan jumlah peserta sebanyak 2500 orang  terdiri atas Ketua APTISI Wilayah 1 s.d XVI, Pimpinan PTS, yayasan, para dosen, organisasi profesi se-Indonesia, ABBPTSI, APPERTI, HPT, Asosiasi dekan dan prodi se-Indonesia. Akan hadiri keynote dan narasumber acara ini direncanakan Presiden RI Joko Widodo, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Ketua Komisi X DPR Rl Saeful Huda, Dirjen Dikti Nizam, Ketua BAN PT Ari Purbayanto, Ketum APTISI Budi Djatmiko (laporan dari jasril dan Nurjanah dari Bali).




 
Berita Lainnya :
  • Disinyalir Gudang Minyak Ilegal Terbakar Di Kota Jambi Jalan Umum Macet
  • Ada Apa di Gudang Yang Berkedok Toko Aktivitasnya Selalu Tersembunyi
  • Bebas Bersyarat Wilson Lalengke Siap Meneruskan Perjuangan
  • Anggota DPRD Kampar, Anotona Nazara Reses di SDN,016 Tanah Merah
  • Guru SMKN 2 Kota Jambi di Duga Lakukan Pungli
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Disinyalir Gudang Minyak Ilegal Terbakar Di Kota Jambi Jalan Umum Macet
    02 Ada Apa di Gudang Yang Berkedok Toko Aktivitasnya Selalu Tersembunyi
    03 Bebas Bersyarat Wilson Lalengke Siap Meneruskan Perjuangan
    04 Anggota DPRD Kampar, Anotona Nazara Reses di SDN,016 Tanah Merah
    05 Guru SMKN 2 Kota Jambi di Duga Lakukan Pungli
    06 Gudang Yang Berkedok Toko, Diduga Untuk Menghindari Pajak
    07 Kades Tarai Bangun Akui Kerap Terima Laporan Dugaan Pungli SDN 021 Tambang
    08 Danrem 042/Gapu Berpesan Penting Saat Pimpin Apel Gabungan Olahraga Bersama
    09 Jokowi ke Petani: Rawat Kelapa Genjah, Nanti Saya Cek Lagi
    10 Delegasi Pekanbaru Ikuti Pawai Budaya Rakernas Apeksi 2022 di Padang
    11 Pj Walikota Hadiri HUT SMAN 1 Pekanbaru ke-67
    12 JPU Sebut M Kece Selalu Ingat Seumur Hidup Wajahnya Dilumuri Kotoran oleh Napoleon
    13 Kemenkumham Riau Bakal Tambah CCTV dan Kawat di Lapas Pekanbaru
    14 Pemprov Riau sudah Salurkan Bansos 85 Panti Asuhan Sebesar Rp24 Miliar
    15 Kapolres Kampar Berikan Penghargaan Kepada 30 Anggota Berprestasi dan Berdedikasi Tinggi
    16 Diduga banyak pungutan Kepsek SD 021 Disinyalir Memperkaya Diri Dispora kampar Tutup Mata.
    17 Kuasa Hukum : STOP Pembangunan Pagar dan Hormati Proses Hukum
    18 Kapolres Kampar Serta Rombongan Kunjungi Korban Pencabulan
    19 Massa Kawal KIB Ricuh, Airlangga dan Zulhas Terhimpit Sampai Sulit Masuk KPU
    20 Namanya Terseret di Kasus Brigadir J, Fahmi Alamsyah Mundur dari Penasihat Kapolri
    21 Pemerintah Kabupaten Pelalawan Laksanakan Apel HUT Provinsi Riau
    22 BKSAP Desak DK PBB Bentuk Pasukan Perdamaian untuk Palestina
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik