Home Nasional Daerah Politik Ekonomi Hukrim Olahraga LifeStyle Peristiwa Pendidikan Internasional Indeks
 
Rektor UMI, Jadi Narasumber pada Rembuq Nasional dan RPPP ke-1 APTISI di Bali
Jumat, 01-07-2022 - 10:34:32 WIB
TERKAIT:
   
 

BALI, OPSINEWS.COM - Rektor Universitas Muslim Indonesia yang juga Ketua APTISI Wilayah IX A Sulawesi Selatan,  Prof. Dr. H Basri Modding,SE.,MSi, salah satu narasumber dalam RPPP 1, dengan sesi    Belajar Managemen Unggul  Untuk Kemajuan PTS dan Road Map Pendidikan Tinggi Bersama Rektor Univ. Mahasaraswati,Rektor UII Jogjakarta, Rektor Univ. Bina Nusantara  dan Rektor Univ. Tarumanagara.
Kehadiran Rektor UMI menghadiri    Rembuk Nasional sekaligus Rapat Pengurus Pusat Pleno (RPP) Ke-1 APTISI 2022 dengan tema Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045  “Digitalisasi Berbasis Blokchain, Tantangan Masa Depan dan Reformasi Pendidikan Tinggi yang berlangsung selama tiga hari, tanggal 1-3 Juli 2022 di Bali Nusa Dua Convention Centre, membawa rombongan Pengurus APTISI Wilayah IX-A Sulsel, kurang lebih 40 orang.


Ketua Umum APTISI, Dr. Budi Djatmiko dalam sambutannya ada tujuh permasalahan yang akan diretas dalam RPP APTISI di Bali selama  tiga hari ini. Masalah tersebut yakni keberadaan pembiayaan LAM yang sangat tinggi, Pajak bagi PTS,  Uji kompetensi pendidikan kesehatan, yang tidak sesuai UU pendidikan tinggi. Sulit dan lamanya perijinan prodi dan penggabungan PTS yang sudah bertahun-tahun, permasalahan ijin belajar dosen, dikotomi PTN/PTS serta resvisi UU sisdiknas yang tertutup dan digitalisasi kampus yang menantang. Selain itu, RPPP I ini juga bertujuan mendengarkan sharing best practice PTS terbaik  k Indonesia sehingga bisa membangun PTsehingga bisa membangun PT menjadi Unggul.  V
Selain itu, Pak Budi sapaan akrabnya mengatakan bahwa Segala permasalahan yang akan dibahas dalam Rembuk Nasional dan RPPP 1,  kita akan mencari solusi dan kita akan sampaikan kepada Presiden , Kemendikbud Ristek dan   Komisi X, ujarnya    Lanjut dikatakan,akan menjadikan tanggal 2 Juli 2022, sebagai  hari kebangkitan perguruan tinggi swasta.  


Merespon tantang digital, APTISI sudah membuah software, edufecta dan di acara ini juga APTISI akan memberikan  Hibah “SIM Digitalisasi Kampus” sebesar 5M tiap PTS dari Edufecta.  Hal ini bagian responsip  tantangan era 4.0, PTS harus mampu menjadi contoh, melahirkan anak bangsa yang cerdas siap bersaing era societ, 5.0 . APTISI akan mewadahi semua anggota untuk maju bersama,  menjadi  terdepan melakukan perubahan sebagai bagian adaftif merespon era distruption.


Dalam rembug nasional ini akan fokus membahas digitalisasi,  sebagai  respon era saat ini. Sistem konvensional, kata Budi, cukup mengganggu peningkatan mutu pendidikan tinggi Indonesia dan berbagai dampak lainnya.


Gubernur Bali, I wayan koster sebelum membuka acara mengatakan  bahwa perkembangan Pendidikan saat ini berbeda,  dulu saat ini dan ke depan. Karena itu menjadi tanggung jawab kita Bersama   yang memiliki komitmen terhadap kemanjuan Pendidikan nasional, maka pemerintah harus melibatkan partisipasi aktif APTISI sebagai organisai besar dan Pimpinan PTS  dlaam membahas berbagai kebijakan Pendidikan di Indonesia. PTS lebih banyak dari PTN, Pemerintah setiap membahas kebijakan terkait Pendidikan, harus banyak  APTISI sehingga kebijakan yang dihasilkan lebih akomodatif, berkualitas seuai tuntutan perkembangan zaman.“Saatnya ruang bagi APTISI untuk mendorong percepatan Pendidikan Indonesia lebih maju dan berkembang, adaftif sesuai era digitalisasi,ujarnya. si PTS seluruh Indonesia.


Sementara itu, ketua Panitia yang juga Ketua APTISI Wil XIV Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.pd melaporkan jumlah peserta sebanyak 2500 orang  terdiri atas Ketua APTISI Wilayah 1 s.d XVI, Pimpinan PTS, yayasan, para dosen, organisasi profesi se-Indonesia, ABBPTSI, APPERTI, HPT, Asosiasi dekan dan prodi se-Indonesia. Akan hadiri keynote dan narasumber acara ini direncanakan Presiden RI Joko Widodo, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Ketua Komisi X DPR Rl Saeful Huda, Dirjen Dikti Nizam, Ketua BAN PT Ari Purbayanto, Ketum APTISI Budi Djatmiko (laporan dari jasril dan Nurjanah dari Bali).




 
Berita Lainnya :
  • Heboh Mafia BBM Subsidi Jenis Solar Ancam Wartawan Hingga Acungkan Parang
  • Kunjungan Waka Polda Sumut Dalam Rangka Safari Ramadhan dan Berbuka Puasa Bersama di Sambut Kapolres Sergai
  • Polsek Siak Hulu Laksanakan Monitoring dan Pengamanan Ibadah Jumat Agung dan Perayaan Paskah
  • Galian Pasir Diduga Tidak Memiliki Izin Operasi Produksi, Bebas Beraktivitas di Desa Manggis Sergai
  • Kerok Residivis Pemilik Sabu 1,32 gram dan Uang Tunai Rp.160 ribu Hasil Penjualan, Berhasil Diringkus Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Sergai
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Heboh Mafia BBM Subsidi Jenis Solar Ancam Wartawan Hingga Acungkan Parang
    02 Kunjungan Waka Polda Sumut Dalam Rangka Safari Ramadhan dan Berbuka Puasa Bersama di Sambut Kapolres Sergai
    03 Polsek Siak Hulu Laksanakan Monitoring dan Pengamanan Ibadah Jumat Agung dan Perayaan Paskah
    04 Galian Pasir Diduga Tidak Memiliki Izin Operasi Produksi, Bebas Beraktivitas di Desa Manggis Sergai
    05 Kerok Residivis Pemilik Sabu 1,32 gram dan Uang Tunai Rp.160 ribu Hasil Penjualan, Berhasil Diringkus Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Sergai
    06 Unit II Tipidkor Satreskrim Polres Tebing Tinggi Terus Dalami Dugaan Penyelewengan Bansos Beras Di Desa Pengggalangan Sergai
    07 Danrem 031/WB Hadiri Peringati HUT Kemala Bhayangkari ke-44 Polda Riau
    08 Bupati Kuansing Penjarakan Warganya Sendiri, Ketua KNPI Riau Bilang ini
    09 Dusun Tiga Meraih Juara Umum MTQ ke-III di Desa Rimbo Panjang
    10 Rintihan Pilu Seorang Wanita di Tapanuli Selatan Luka Lebam-lebam Diduga Dianiaya Suaminya Sendiri
    11 SPBU Nomor 14.286.675 Minas Jadi 'Sarang' Mobil Langsir dan Tangki Modifikasi
    12 Kapolsek AKP Tobat Sihombing Lakukan Patroli dan Monitoring Satkamling Desa Pematang Terang
    13 Kejati Riau Gelar Bazar dan Pasar Murah Ramadhan 1445 H
    14 Hari Terakhir, Polres Sergai Lakukan Operasi Keselamatan di Jalinsum Serdang Bedagai
    15 Keluarga Besar Polsek Siak Hulu Berbagi 50 Takjil Kepada Pengguna Jalan Raya Tertib Berlalu Lintas
    16 Memalukan Di duga Mirip Sekdakab Rohil Berpose Menjulurkan Lidah: Ketua KNPI Riau: Menjijikkan Pejabat Kok Seperti itu!
    17 Gercep Komisi Kejaksaan Respon Pengaduan
    18 Luar Biasa Tim Unit Intel Kodim 0301 PBR Gagalkan Peredaran Narkoba
    19 Sekdako Sampaikan Jawaban Pemerintah Terhadap Pandangan Umum Fraksi Terkait LKPJ 2023
    20 Kasus Persengketaan Lahan Syamsul Bahri Mengendap di Polda Riau Ada Apa?
    21 Bupati Rohil Sudah Melaporkan ke Tim Siber Polda Riau
    22 Polisi Yordania bentrok dengan pengunjuk rasa di dekat kedutaan Israel
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © OPSINEWS.COM | Transformasi untuk Publik